Find Us On Social Media :

Padahal Kasus Covid-19 Sudah Menurun, Indonesia Malah Mendadak Jadi Sorotan Dunia Karena Kasus 'Hepatitis Misterius', WHO Ungkap Kenyataan Ini

By Afif Khoirul M, Selasa, 10 Mei 2022 | 11:15 WIB

Hepatitis akut adalah penyakit yang menyerang liver.

Intisari-online.com - Indonesia telah mendeteksi 15 kasus hepatitis misterius sejak melakukan penyelidikan terhadap penyakit tersebut.

Namun pihak berwenang belum menentukan penyebab pasti penyakit tersebut.

Menurut Reuters, Kementerian Kesehatan Indonesia mengatakan telah mengidentifikasi 15 kasus hepatitis misterius yang tidak diketahui penyebabnya.

Pada konferensi pers pada pagi hari (9/5), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan jumlah kasus dikonfirmasi setelah Indonesia membuka penyelidikan penyakit tersebut.

Menteri Sadikin menambahkan bahwa otoritas kesehatan belum menentukan penyebab pasti penyakit tersebut.

Ia juga tidak membeberkan apakah 15 kasus yang disebutkan di atas semuanya anak-anak, atau dengan cara apa pasien tersebut dirawat.

Pada awal Mei, Indonesia mengumumkan tiga anak yang diduga mengidap hepatitis misterius ini meninggal di Jakarta pada April lalu.

Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa kasus-kasus ini telah divaksinasi terhadap hepatitis.

Baca Juga: Bak Seluruh Dunia Tak Boleh Beristirahat, Kasus Hepatitis Akut Kini Sudah Makin Menyebar ke Mana Saja, IDAI Pastikan Tidak Ada Kaitannya dengan Vaksin Covid-19

Kementerian Kesehatan RI juga telah mengirimkan surat peringatan kepada fasilitas kesehatan di tingkat provinsi, kabupaten dan kota untuk proaktif mencegah dan mendeteksi kasus hepatitis akut yang tidak diketahui penyebabnya pada anak.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan perlu upaya untuk meningkatkan kesadaran, pencegahan dan pengendalian hepatitis akut pada anak.

Semua kasus dengan gejala khas harus segera dilaporkan.