Find Us On Social Media :

Apa Itu Senjata Termonuklir, Senjata Berbahaya Milik Rusia Ini Tiba-tiba Dikeluarkan Negeri Tirai Besi, Sekuat Apa Kemampuannya?

By Tatik Ariyani, Minggu, 8 Mei 2022 | 15:59 WIB

(ilustrasi) Parade Hari Kemenangan Rusia

Intisari-Online.com - Rusia akan memamerkan rudal termonuklirnya dalam parade Hari Kemenangan.

Setiap tahun pada tanggal 9 Mei, Rusia memperingati kekalahan Nazi selama Perang Dunia II dengan 'Hari Kemenangan'.

Dalam beberapa tahun terakhir, parade tersebut telah menunjukkan kekuatan militer Rusia, dengan rudal berbaris melalui jalan-jalan Moskow.

Tahun ini, Rusia akan memamerkan rudal balistik RS-24 Yars termonuklir, yang diyakini para ahli dapat membawa hingga 10 hulu ledak, melansir Daily Express, Sabtu (7/5/2022).

Rudal itu didorong melewati barisan penjaga bersenjata di kendaraan roda 16 selama latihan pada hari Sabtu, 7 Mei.

Senjata antarbenua, yang berbobot 49,6 ton, dapat melakukan perjalanan hingga 24.500 km/jam dan mampu mencapai target hingga 12.000 km jauhnya.

Jangkauan efektif rudal berarti bisa menyerang London atau New York dalam beberapa menit menurut para ahli.

Rusia kemudian menampilkan beberapa peluncur rudal Iskander-M selama latihan untuk parade tahunan.

Sambil mengacungkan senjata, tentara dan prajurit Rusia mengibarkan bendera Rusia, memberi hormat dan tersenyum ke kamera di tempat latihan.

Sementara itu delapan pesawat tempur MiG-29 melintas dalam formasi 'Z', lambang yang digunakan militer Putin sebagai simbol aksi militernya di Ukraina.

Selama pidato di Lapangan Merah, pesawat komando "kiamat" 11-80 Rusia juga akan terbang untuk pertama kalinya sejak 2010.

Sejak dimulainya 'operasi militer khusus' di Ukraina pada 24 Februari, Presiden Rusia Vladimir Putin dan para pejabat telah mengancam penggunaan senjata nuklir jika Barat campur tangan.