Find Us On Social Media :

Peringati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei; Tokoh Ki Hajar Dewantara Harus Lakukan Ini dengan Sepupunya Sendiri Demi Emban Amanat Leluhur

By K. Tatik Wardayati, Senin, 2 Mei 2022 | 14:30 WIB

Ki Hajar Dewantara dan istrinya, Soetartinah.

Intisari-Online.com – Hari ini tanggal 2 Mei yang bertepatan pada Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, juga merupakan Hari Pendidikan Nasional.

Setiap kali memperingati Hari Pendidikan Nasional, maka tokoh pendidikan nasional yang tidak akan pernah dilupakan adalah Ki Hajar Dewantara.

Suwardi yang adalah nama asli Ki Hajar Dewantara, menikah dengan Sutartinah, yang tidak lain adalah saudara sepupunya sendiri.

Wanita yang kemudian dikenal sebagai Nyi Hajar Dewantara ini merupakan anak Pangeran Sasraningrat, adik kandung Pangeran Suryaningrat, ayah Suwardi.

Perjodohan keduanya, antara Suwardi dan Sutartinah bisa dibilang unik.

Perkawinan mereka pun dilandasi oleh suatu keyakinan yang ada dalam keluarga Suwardi.

Ibu Suwardi, Dyah Ayu Suryaningrat, merupakan canggah, keturunan kelima, Nyai Ageng Serang, wanita pendekar di zaman Diponegoro.

Dia merasa mengemban amanat leluhurnya itu, yang pernah diikrarkan pada zaman Perang Diponegoro, yakni bahwa kelak harus ada keturunannya yang menjalin perkawinan dengan keturunan Pangeran Diponegoro.

Dalam keluarga keturunan Nyai Ageng Serang memiliki keyakinan bahwa bila keinginan Nyai Ageng Serang ini terkabul, maka perjuangan Pangeran Diponegoro mengusir kaum penjajah akan terlanjutkan.

Sutartinah lalu terpilih sebagai bakal istri yang tepat bagi Suwardi, karena Sutartinah adalah canggah Diponegoro.

Lalu, kesepakatan pun terjalin di antara dua keluarga kakak-beradik Pangeran Suryaningrat dan Sasraningrat, yaitu Suwardi, tidak bisa tidak, harus kawin dengan Sutartinah.

Hal itu dilakukan demi terpenuhinya amanat Nyai Ageng Serang.