Find Us On Social Media :

Begini Kisah Kegilaan Kaisar Zhengde: Raja yang Tega Eksekusi Kasimnya Perlahan-lahan hingga 3 Hari Agar Rasa Sakitnya 'Abadi'

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 2 Mei 2022 | 08:15 WIB

(Ilustrasi) Kaisar Zhengde Raja 'Gila' dari Kerajaan China

Intisari-Online.com - Kaisar Zhengde adalah salah satu penguasa paling terkenal dari Dinasti Ming, karena kegilaannya.

Lahir 1491 di Tiongkok—meninggal 1521 di Tiongkok, Zhengde memerintah selama 1505–21 dari dinasti Ming (1368–1644).

Dia suka memimpin ekspedisi militer yang berubah-ubah dan suka memberi perintah kepada kembaran imajiner yang dia sebut Jenderal Zhu Shou. 

Selama masa pemerintahannya, mereka yang menjabat sebagai kasim mencapai kekuasaan sedemikian rupa di dalam pemerintahan sehingga penguasa berikutnya tidak mampu mengusir mereka.

Melansir Brittanica.com, Zhengde mengabdikan dirinya sepenuhnya untuk mencari kesenangan, dia mengandalkan kasimnya untuk mendapatkan informasi tentang pemerintah.

Korupsi merajalela, kantor-kantor publik diperjualbelikan, dan pajak yang berlebihan dibebankan kepada rakyat.

Karena para kasim yang mendominasi pemerintah sebagian besar adalah orang utara, provinsi selatan tidak memiliki perwakilan, dan situasi mereka sangat buruk.

Pemberontakan sering terjadi di sana, dan orang-orang memilih menjadi bandit.

Akhirnya, pada tahun 1510, kaisar Zhengde menyadari adanya korupsi dan memerintahkan eksekusi kepala kasim, Liu Jin, yang rumahnya ditemukan ditumpuk dengan permata langka, emas, dan perak.

Zhengde memerintahkan Liu dieksekusi dengan proses pemotongan lambat selama 3 hari.

Liu menyerah pada hari kedua. Dalam novel era Ming, seperti “The Zhengde Emperor Roams through Jiangnan”, disebutkan bahwa Zhengde sebagai orang gila karena bodoh dan mudah ditipu.