Find Us On Social Media :

Nekat Tak Bayar Gas Rusia dengan Rubel, Rusia Tahan Pasokan Gas ke Bulgaria dan Polandia, Begini Tanggapan Mereka

By May N, Kamis, 28 April 2022 | 06:00 WIB

Logo proyek pipa gas Nord Stream 2 Jerman dan Rusia

Intisari - Online.com - Gazprom, pemasok gas alam utama Rusia, telah mengumumkan penghentian total ekspor gas ke Bulgaria dan Polandia pada Rabu setelah kedua negara menolak untuk melakukan pembayaran dalam rubel.

Menurut sebuah pernyataan, pasokan tidak akan dilanjutkan sampai Sofia dan Warsawa mematuhi persyaratan baru.

Raksasa energi yang berbasis di Saint Petersburg memperingatkan bahwa jika Bulgaria dan Polandia mulai menyedot gas transit Rusia yang ditujukan untuk negara lain, itu akan mengurangi pasokan dengan jumlah yang ditahan secara ilegal oleh Sofia dan Warsawa.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu pagi, perusahaan menjelaskan bahwa “ hingga akhir hari kerja pada 26 April, Ekspor Gazprom belum menerima pembayaran rubel untuk pengiriman gas pada bulan April dari perusahaan 'Bulgargaz' (Bulgaria) dan PGNiG (Polandia),” seperti yang dipersyaratkan berdasarkan keputusan Presiden Vladimir Putin tertanggal 31 Maret.

Disebutkan bahwa " pembayaran untuk gas yang dikirim sejak 1 April harus dilakukan dalam rubel ," dan bahwa kedua perusahaan telah diberitahu tentang ini " pada waktu yang tepat."

Bulan lalu, Putin mewajibkan negara-negara yang telah memberlakukan sanksi terhadap Rusia, dan masih mengimpor gasnya, untuk menggunakan mata uang Rusia untuk transaksi.

Beberapa pembeli telah mengisyaratkan kesediaan untuk menerima tuntutan Moskow.

Pada hari Senin, Uniper, importir gas Rusia terbesar di Jerman, mengatakan akan memungkinkan untuk membayar pasokan di masa depan tanpa melanggar sanksi Barat.

Kanselir Austria Karl Nehammer telah menyatakan sudut pandang yang sama, seperti halnya pemerintah Hungaria.

Uniper mengungkapkan pada hari Senin bahwa ada cara untuk berjalan di garis tipis antara mematuhi sanksi UE dan memenuhi persyaratan Rusia untuk pembayaran rubel.

Seorang perwakilan perusahaan mengatakan dalam sebuah pernyataan email bahwa " menurut penilaian awal dan karena itu masih tidak mengikat, kami masih menganggap pemrosesan pembayaran masa depan yang sesuai layak untuk dilakukan."

Polandia telah menolak untuk mengikuti prosedur ini dan pada hari Selasa memberi sanksi kepada Gazprom, yang memiliki 48% saham di perusahaan Polandia yang memiliki jaringan pipa gas Yamal-Eropa.