Find Us On Social Media :

Akhirnya Kirim Senjata Berat ke Ukraina, Tank Kiriman Jerman Ini Malah Disebut Tidak Berguna Bagi Ukraina, Kok Bisa?

By Tatik Ariyani, Rabu, 27 April 2022 | 15:19 WIB

Tank Gepard

Intisari-Online.com - Permintaan Ukraina untuk senjata berat telah meningkat sejak Rusia mengalihkan ofensifnya ke wilayah timur Donbas.

Daerah itu dianggap lebih cocok untuk pertempuran tank daripada daerah di sekitar ibu kota Kyiv di mana sebagian besar pertempuran sebelumnya terjadi.

Pada hari Selasa, Jerman mengumumkan bahwa mereka akan memasok senjata ke Ukraina untuk pertama kalinya sejak awal perang.

Tetapi tank pilihan Kanselir Jerman Olaf Scholz mungkin terbukti tidak berguna bagi tentara Ukraina.

Melansir Express.co.uk, Rabu (27/4/2022), Menteri Pertahanan Jerman Christine Lambrecht mengatakan pemerintah telah menyetujui pengiriman tank Gepard yang dilengkapi dengan senjata anti-pesawat dari stok perusahaan KMW pada hari Senin.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin mengatakan dia menyambut baik keputusan Jerman untuk "mengirim 50 sistem Cheetah".

“Sistem itu akan memberikan kemampuan nyata bagi Ukraina,” katanya setelah pembicaraan dengan Lambrecht dan puluhan rekan mereka di Pangkalan Udara Ramstein AS di Jerman barat.

Tetapi para ahli militer memperingatkan tank-tank itu membutuhkan pelatihan berbulan-bulan yang berisiko, terbukti tidak berguna bagi pasukan Ukraina setidaknya selama lima bulan lagi.

Markus Richter, sersan staf cadangan di tentara Jerman yang menjabat sebagai komandan Gepard, mengatakan kepada Politico: “Saya terkejut bahwa pemerintah memilih untuk mengirimkan sistem senjata yang sangat kompleks, daripada tank Marder atau Leopard, yang kurang rumit untuk dioperasikan dan dirawat.

“Saya dapat menilai dari pengalaman saya sendiri bahwa pelatihan untuk (Gepard) membutuhkan banyak waktu.

“Dalam kasus sistem Gepard yang dikirim ke Rumania, pelatihan penuh membutuhkan waktu lima bulan.”

Dia menunjuk pada inkonsistensi dalam argumen pemerintah, dengan Berlin mengklaim Marder "tidak dapat dikirimkan karena, antara lain, pelatihan akan memakan waktu terlalu banyak."