Find Us On Social Media :

Sampai Bikin para Pakar Militer Geleng-geleng Tak Percaya, Pemicu Gagalnya Rusia 'Lumat' Ukraina dalam Sekejap Terbongkar, Padahal Hanya Satu Faktor!

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 26 April 2022 | 13:00 WIB

Tank Rusia memasuki kota Mariupol

Intisari-Online.com – Memasuki waktu dua bulan perang di Ukraina, namun ini sudah membuat para pakar militer geleng-geleng tak percaya akibat betapa tidak siapnya Rusia dalam invasinya terhadap tetangganya yang pro-Barat itu.

Meski sempat melancarkan serangan awal dari berbagai arah, Moskwa gagal menguasai udara, bahkan barisan tank Rusia pun dikirim tanpa perlindungan atau koordinasi.

Seperti dilansir AFP pada Senin (25/4/2022), para pakar militer itu mengungakapkan bahwa Rusia sangat meremehkan kekuatan perlawanan Ukraina.

Staf umum militer barat berpendapat bahwa tujuan awal Presiden Rusia Vladimir Putin adalah untuk memusnahkan pasukan Ukraina dalam operasi kilat.

Nyatanya, Moskwa telah gagal mengkalibrasi daya tembaknya, untuk menangani tingkat perlawanan yang sama sekali gagal diramalkan oleh dinas intelijen Rusia.

Pada 24 Februari, Rusia melancarkan serangannya di tiga posisi berbeda secara bersamaa.

Itu berarti, meski memiliki 150.000 tentara, mereka berpencar di beberapa sumbu berbeda, yaitu di utara menuju Kyiv, di timur, dan di selatan.

Para pakar militer menilai bahwa Rusia membuat kesalahan besar dalam mengerahkan pasukannya di darat tanpa memperoleh kendali atas langit sebelumnya, meskipun telah memobilisasi 500 pesawat.

Kepada AFP, seorang pilot Prancis yang berbicara tanpa menyebutkan nama, mengatakan, “Mendapatkan supremasi udara adalah (strategi) 101 yang membentuk segalanya dalam konflik modern.”

“Mereka seharusnya merobohkan pesawat tempur Ukraina, radar, sistem udara-darat, jalur pendaratan,” kata pilot itu.

Kata para pakar militer itu, di lapangan, manuver membingungkan, mengungkapkan kegagalam dalam rantai komando dan kekurangan dalam pelatihan.

Unit elite yang diterjunkan ke bandara Hostomel tanpa dukungan udara, sementara barisan panjang tank Rusia yang maju, bahkan terkadang tanpa perlindungan.