Penulis
Intisari-Online.com – Selama Perang Dunia Kedua, sejumlah besar wanita ikut bergabung dan bertempur dalam pasukan Tentara Merah, Soviet.
Pada waktu yang berbeda, jumlah mereka berkisar antara 800 ribu hingga 1 juta.
Praktis, tidak ada pernah di mana wanita tidak bertarung sebaik pria di sekitar mereka.
Banyak dari para wanita itu melakukan prestasi heroik yang sama dan merasa terhormat dianugerahi Pahlawan Uni Soviet dan medali top lainnya.
Namun, hanya beberapa dari ribuan wanita Soviet itu yang berhasil mengatasi tugas paling sulit, yaitu mengemudikan tank.
Tidak seperti kendaraan modern, tank pada masa itu menuntut konsentrasi tinggi dari pengemudi serta tenaga fisik yang besar untuk mengendalikannya.
Tidak banyak wanita yang berhasil mengatasi hambatan dan prasangka yang diperlukan untuk menjadi anggota awak tank.
Berpura-pura menjadi pria untuk ikut perang
Alexandra Rashchupkina memiliki kemampuan teknis yang mumpuni tetapi ditolak masuk ke Tentara Merah, tetapi dia tidak menyerah.
Pada tahun 1942, dia memotong rambutnya seperti seorang pria dan mengenakan pakaian pria, lalu datang ke kantor pendaftaran militer dan menjadi sukarelawan di garis depan dengan nama Alexander Raschupkin.
Dia menyelesaikan kursus pengemudi tank dan mekanik tank, lalu bergabung dalam pasukan ke-62 Jendera Chuikov sebagai pengemudi tank T-34.
Hebatnya, selama hampir tiga tahun, awak tank tempat Raschupkina bertarung tidak curiga, bahwa orang yang mereka sebut sebagai Sasha-tomboy itu adalah seorang wanita.
Namun, seorang kawan secara tidak sengaja menemukan rahasianya di akhir perang.
Pada bulan Februari 1945, tank-tank Soviet menerobos masuk ke kota Polandia, Bunzlau (sekarang Boleslawiec).
Tank harimau menyergap T-34 milik Rashchupkina yang terkena dan terbakar. Akibatnya, dia terluka parah, dan seorang mekanik dari tangki terdekat bergegas membantunya.
Ketika dia memberikan pertolongan pertama, dia mengidentifikasi Alexandra sebagai seorang wanita.
Terlepas dari skandal itu, Alexandra Raschupkina kemudian menjadi terkenal dan menerima Ordo Bintang Merah serta banyak medali lainnya.
Wanita berjuluk "Malyutka" (Si Kecil) di atas tank
Sejak kecil, Ekaterina Alekseevna Petlyuk bermimpi menjadi pilot, namun, dokter yang melakukan pemeriksaan medis sampai pada kesimpulan bahwa meskipun kesehatannya baik, tetapi dia terlalu pendek untuk masuk sekolah pilot, karena tingginya hanya 151 cm.
Petlyuk lalu menjadi operator parasut selama beberapa waktu, hingga dia memutuskan untuk menjadi seorang pengemudi tank.
Katanya, “Di tank, saya lebih suka mengusir Jerman daripada Ukraina.”
Pada 2 Juli 1942, Katya Petlyuk mendapat posisi di tank T-60, dan di menara kendaraannya itu tertulis nama yang tidak biasa, ‘Malyutka’ (Si Kecil).
Orang-orang di kapal tanker itu bercanda, mengatakan, "Sekarang mereka mencapai titik - "Malyutka" di "Malyutka."
Tak satu pun dari pengemudi tank, termasuk Petlyuk sendiri, tahu bahwa kendaraan ini dibuat dengan uang dari anak-anak Wilayah Omsk.
Di tank ini, Petlyuk berpartisipasi dalam Pertempuran Stalingrad mengirimkan amunisi serta membawa tentara dan perintah yang terluka.
Petlyuk tidak hanya menyelamatkan nyawa tentara dan perwira dengan mengangkut mereka melalui ladang ranjau, tetapi dia juga mengambil bagian dalam pertempuran.
Tanknya menghancurkan sepuluh ruang galian, tiga kendaraan, dan hingga 80 tentara dan perwira musuh.
Setelah Pertempuran Stalingrad, Malyutka masuk untuk diperbaiki, dan Petlyuk dipindahkan ke tank T-70.
Selama dinasnya, ia menerima banyak medali, termasuk medali "Untuk Pertahanan Stalingrad."
Bangun tank dengan uangnya sendiri
Setelah awal perang, Maria Oktyabrskaya bekerja di Tomsk Works sebagai operator telepon.
Setelah beberapa waktu, dia menerima kabar bahwa suaminya telah terbunuh di garis depan.
Mengetahui hal ini, Mary memutuskan untuk pergi ke garis depan demi membalas dendam pada musuh atas kematian suaminya.
Namun, karena masalah kesehatan dan usianya yang sudah 36 tahun, permintaannya untuk bertugas di pasukan Tentara Merah ditolak.
Tetapi, itu semua tidak menghentikannya, dia menjual semua propertinya dan menyumbangkan hasilnya untuk membangun tank T-34.
Dia menulis surat kepada Stalin meminta agar dia menyebut tank itu dengan sebutan ‘Fighting Girlfriend’ dan menunjukkan sebagai mekanik pengemudi.
Stalin menyetujui permintaannya dan segera Oktyabrskaya dikirim ke sekolah tank untuk pelatihan.
Pada Oktober 1943, Oktyabrskaya menjadi bagian dari Korps Tank Pengawal ke-2, yang bertindak sebagai pengemudi T-34, dan dia mendapatkan keinginannya untuk bertarung di Front Barat.
Dalam pertempuran desa Belarusia di Desa Baru, ‘Fighting Girlfriend’ menerobos barisan pertahanan musuh, menghancurkan senjata dan 50 tentara Jerman.
Oktyabrskaya terluka, dan tanknya terkena, tetapi selama dua hari, mereka terus melawan.
Selama perang, Oktyabrskaya berhasil menghancurkan lebih dari 70 tentara musuh, senjata artileri, dan beberapa senapan mesin.
Pada 15 Maret 1944, Maria Oktyabrskaya meninggal di rumah sakit karena cedera pecahan peluru, dan setelah kematiannya, dia dianugerahi gelar kehormatan tertinggi Uni Soviet, melansir War History Online.
Satu-satunya wakil komandan wanita dari batalion tank
Selama Perang Dunia Kedua, Alexandra G. Samusenko adalah satu-satunya wanita yang memegang jabatan komandan batalion tank. Dia adalah komandan tank T-34.
Dia bertempur di berbagai front sejak Oktober 1941.
Selama perang itu pula, dia menerima tiga luka dan harus meninggalkan reservoir yang terbakar dua kali.
Namun, setelah menjalani perawatan di rumah sakit, Samusenko selalu kembali bertugas.
Selama Pertempuran Kursk, tanknya harus menghadapi tiga tank Tiger.
Di awal pertarungan, Samusenko menyatakan, “Tidak ada jalan kembali bagi kita!” setelah itu dia memimpin tanknya ke dalam pertempuran yang berlangsung beberapa jam.
Untuk keberanian yang dia tunjukkan dalam pertempuran ini, Samusenko dianugerahi Ordo Bintang Merah.
Fakta menarik tentang Samusenko yaitu, bahwa pada bulan Februari 1945, dia diduga menerima ke dalam barisan batalionnya seorang tentara Amerika, Joseph Byrle, yang melarikan diri dari tawanan Jerman.
Setelah itu, dia membuktikan fungsinya melalui pengalamannya sebagai pembongkaran dan penembak mesin di M4 Sherman, Amerika.
Pada tanggal 3 Maret 1945, dalam satu pertempuran di barat laut Polandia, dia terluka parah dan meninggal karena luka-lukanya, dia gagal mencapai Berlin yang hanya berjarak 70 km.
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari