Find Us On Social Media :

Diklaim Bisa Hancurkan Inggris Sekali Tembak, Ini Alasan Rusia Bakal Kerahkan Rudal Setan Meski Hanya untuk Melawan Ukraina

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 24 April 2022 | 15:15 WIB

(Ilustrasi) Vladimir Putin - Konflik Ukraina vs Rusia

Intisari-Online.com - Rudal Setan II (ICBM RS-28 Sarmat) yang  dilengkapi hulu ledak nuklir akan melayani tugas tempur Pasukan Rudal Strategis Rusia (SMF) pada tahun depan. 

Senjata ini diklaim mampu melenyapkan wilayah seukuran Inggris dan Wales dalam sekali tembak. 

Komandan SMF Kolonel Jenderal Sergey Karakayev mengumumkan ICBM RS-28 Sarmat akan menggantikan tugas ICBM Voyevoda.

Melansir Daily Star, Minggu (24/4/2022), Presiden Rusia Vladimir Putin baru-baru ini menguji rudal Sarmat, yang mampu membawa lebih dari 10 hulu ledak nuklir sejauh 6.000 km dan menyerang Inggris.

Peluncuran minggu ini dilakukan setelah pengembangan senjata ditunda selama bertahun-tahun karena masalah pendanaan dan masalah teknis.

Senjata ini sebenarnya telah dikembangkan sejak 2018 dan sekarang akan menggantikan sistem rudal Voyevoda era Soviet.

Berbicara kepada TV Rusia, Dmitry Rogozin, kepala badan antariksa Roscosmos, menjelaskan bahwa dia berencana untuk menyebarkan "senjata super" di wilayah Krasnoyarsk di Siberia, sekitar 3.000 km sebelah timur ibu kota Moskow.

Dia juga menceritakan betapa pentingnya momen tes uji rudal itu dan bahwa senjata itu akan menjamin keselamatan Rusia selama 30 hingga 40 tahun ke depan.

Putin juga senang dengan tes tersebut dan mengklaim bahwa teknologi saat ini tidak dapat bertahan melawan senjata tersebut.

Dia mengatakan kepada pejabat pertahanan:

"Senjata ini memiliki karakteristik taktis dan teknis tertinggi serta mampu mengatasi semua sarana pertahanan anti-rudal modern."

“Senjata yang benar-benar unik ini akan memperkuat potensi tempur angkatan bersenjata kita, memastikan keamanan Rusia dari ancaman eksternal.”