Find Us On Social Media :

Pantas Saja Makin Geger, Perang Rusia-Ukraina Disebut Makin Memanas, Suplai Senjata dari AS Ini Diklaim Jadi Awal Mula Barat Ikut Campur, Ini yang Bikin Rusia Makin Geram

By May N, Minggu, 17 April 2022 | 13:59 WIB

Rudal FIM-92 Stinger buatan AS terlihat di Bandara Boryspil Kiev, Ukraina, February 13, 2022.

Intisari - Online.com - Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ted Rice mengatakan pada 15 April bahwa tidak ada yang bisa menghentikan pemerintahan Presiden Joe Biden untuk terus memasok senjata ke Kiev meskipun Moskow baru-baru ini memperingatkan tentang "konsekuensi" dari tindakan ini.

Reaksi itu muncul setelah media AS melaporkan bahwa Rusia telah mengirim kabel diplomatik ke pemerintahan Biden, memperingatkan "konsekuensi tak terduga" jika Washington terus memberikan senjata ke Ukraina.

Menurut RT, Washington telah memberikan bantuan senjata senilai lebih dari $2,5 miliar ke Kiev sejak Rusia meluncurkan operasi militer khusus di Ukraina pada 24 Februari.

Pengiriman bantuan awal AS terutama terdiri dari rudal dan amunisi anti-tank.

Namun, pengiriman senjata terbaru yang disetujui, pada 13 April, juga mencakup helikopter, artileri berat, dan drone.

Selain itu, pada 15 April, Jerman mengumumkan rencana bantuan militer lebih dari 1 miliar euro ke Ukraina dalam konteks keluhan Kiev bahwa mereka tidak menerima senjata berat dari Berlin.

Menurut India Today, AS dan Jerman termasuk di antara sekitar 30 negara yang telah menyumbangkan senjata dan sistem pertahanan udara ke Ukraina, termasuk Kanada, AS, Inggris, Jerman, Italia, dan Turki.

Selain itu, Ukraina juga telah menerima dukungan tunai. untuk membeli senjata dan amunisi.

Pada tanggal 7 April, Uni Eropa (UE) menjanjikan bantuan tambahan sebesar $543 juta, sehingga total bantuan militer blok tersebut menjadi $1,63 miliar sejak konflik pecah.

Bulan lalu, Kongres AS menyetujui 13 miliar dolar bantuan keamanan ke Ukraina. Gedung Putih kemungkinan akan terus memanfaatkan dukungan ini untuk meningkatkan bantuan ke Ukraina.

Menanggapi langkah tersebut, Moskow menuduh Washington dan sekutu NATO-nya melanggar "aturan ketat" tentang pengiriman senjata ke zona konflik.

Menurut isi kabel Rusia, yang diterbitkan oleh The Washington Post pada 15 April, ia meminta AS dan sekutunya untuk menghentikan militerisasi Ukraina yang tidak bertanggung jawab dan memperingatkan bahwa ini akan memiliki konsekuensi yang tidak terduga bagi Rusia, keamanan regional dan internasional.