Find Us On Social Media :

Hingga 20.000 Nyawa Melayang Jadi Korban Kebiadaban Pasukan Jepang, Terkuak Pembantaian Pertama di Dunia Sebelum Nazi Membantai Yahudi Ternyata Terjadi di China

By Afif Khoirul M, Jumat, 15 April 2022 | 17:25 WIB

Pembantaian terburuk pertama terjadi di China oleh militer Jepang.

Intisari-online.com - Jauh sebelum tank- tank Hitler bergemuruh melintasi perbatasan ke Polandia, tentara Jepang, mengirim kapal-kapal, dan pesawat-pesawat menyerbu China.

Pada saat itu, China hampir tidak dalam posisi baik untuk mempertahankan diri.

Setelah revolusi 1911–1912, bekas Kekaisaran Qing telah menjadi negara terpecah yang dikendalikan oleh beberapa panglima perang yang berbeda.

Bahkan setelah Ekspedisi Utara yang sukses pada tahun 1927, Partai Kuomintang dan Tentara Revolusioner Nasional (NRA)-nya hanya memiliki kekuatan tentatif di pesisir.

Yang memperburuk keadaan adalah fakta bahwa setelah Kuomintang mengambil alih Shanghai.

Serangan kekerasan terhadap komunis menyebabkan Perang Saudara China, yang tidak akan berakhir sampai Mao mengambil alih kekuasaan pada tahun 1949.

Kekuatan dalam posisi terbaik untuk mengeksploitasi situasi ini adalah Jepang.

Kekaisaran Jepang telah berkembang ke Manchuria sejak tahun 1895, setelah kemenangan Jepang atas Qing.

Baca Juga: Mirisnya Jadi Kasim di China Kuno, Rela Dikebiri untuk Menjadi Pelayan Raja, Rupanya Ini Tujuannya

Jepang memenangkan hak-hak tertentu di wilayah tersebut.

Tentara Kwantung, yang didirikan di Manchuria setelah kekalahan Jepang atas Kekaisaran Rusia pada tahun 1905, menginginkan lebih banyak tanah China.

Tentara Kwantung sebenarnya independen dari Tokyo dan penuh dengan perwira junior yang tergabung dalam faksi "Jalan Kekaisaran".