Intisari-Online.com - Praktik pengebirian dan penggunaan kasim dapat dilusuri di Chinakuno.
Di China kuno (sampai Dinasti Sui), pengebirian adalah salah satu dari Lima Hukuman, serangkaian hukuman fisik yang dijatuhkan oleh sistem hukuman China.
Meski demikian, pengebirian juga merupakan sarana untuk mendapatkan pekerjaan di dinas Kekaisaran.
Sejak Dinasti Han, kasim menjalankan urusan sehari-hari di istana Kekaisaran.
Kasim adalah sebutan untuk pelayan istana yang bertugas sebagai penjaga tempat tidur bagi keluarga kerajaan.
Melansir Ancient Origins, kasim adalah satu-satunya pria yang diizinkan untuk tinggal di Istana Dalam dan mereka yang telah dibuat impoten secara seksual melalui pengebirian.Untuk menjadi kasim, mereka harus dikebiri sehingga nafsu seksualnya hilang.
Karena tugas mereka berhubungan dekat dengan kaisar, kasim memiliki potensi untuk memberikan pengaruh yang cukup besar pada kaisar serta mengumpulkan sejumlah besar kekuatan politik.
Dan karena kasim tidak dapat memiliki anak sendiri (karena dikebiri) dan mewariskan kekuasaan mereka, mereka tidak dianggap sebagai ancaman serius bagi dinasti yang berkuasa.
Selain itu, Kaisar China yang terkadang memiliki ribuan selir di dalam Kota Terlarang,juga tidak memilikirisiko bahwa para wanita itu akan dihamili oleh siapa pun kecuali diri mereka sendiri.
Namun, sebenarnya kasim sepenuhnya mampu menjatuhkan dinasti yang berkuasa.
Kekuatan besar yang dimiliki beberapa kasim mampu merusak kaisar, mengubah mereka menjadi individu yang rakus, kejam, dan licik.
Banyak contoh kasim jahat dapat ditemukan dalam sejarah China.
Jatuhnya dinasti Qin, misalnya, dapat dikaitkan dengan kasim Zhao Gao.
Menurut catatan sejarah, ketika orang tua Zhao Gao melakukan kejahatan, mereka dihukum, dan saudara-saudaranya dikebiri.
Secara tradisional dianggap bahwa hukuman yang sama dijatuhkan pada Zhao Gao.
Zhao Gao datang ke layanan Qin Shi Huang karena dia adalah seorang ahli dalam hukum dan hukuman.
Ini memungkinkan Zhao Gao untuk naik pangkat dan menjadi salah satu penasihat terdekat kaisar.
Setelah kematian Qin Shi Huang, Zhao Gao dan Perdana Menteri, Li Si, mengatur kudeta dengan merekayasa kematian pewaris, Fusu, serta dua pendukungnya, Meng Tian dan Meng Yi.
Selanjutnya, putra bungsu Qin Shi Huang, Huhai, diangkat sebagai kaisar boneka.
Tiga tahun kemudian, sebuah pemberontakan pecah, dan Zhao Gao memaksa Huhai untuk bunuh diri, karena takut kaisar akan menganggapnya bertanggung jawab atas pemberontakan tersebut.
Zhao Gao kemudian mengangkat Ziying (putra Fusu,ataupaman Fusu) sebagai kaisar baru.
Mengetahui bahwa Zhao Gao akan membuangnya begitu dia tidak lagi berguna, Ziying membalikkan keadaan pada Zhao Gao, dan berhasil membunuhnya.
Pemberontakan tidak dipadamkan dan Ziying menyerah kepada Liu Bang, yang mendirikan Dinasti Han.
Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa tindakan kasim Zhao Gao bertanggung jawab atas jatuhnya dinasti Qin hanya tiga tahun setelah kematian Qin Shi Huang.
Terlepas dari reputasi buruk yang diperoleh para kasim China sepanjang sejarah, tidak semuakasim jahat.
Beberapa bahkan memberikan kontribusi besar terhadap budaya Tionghoa.
Berakhirnya dinasti Qing pada awal abad ke-20 mengakhiri sistem kekaisaran Tiongkok, dan juga penggunaan kasim.
Pada tahun 1924, 1500 kasim terakhir diusir dari Kota Terlarang.
Kasim kekaisaran terakhir, Sun Yaoting, meninggal pada bulan Desember 1996, dengan demikian mengakhiri praktik kuno yang berlangsung selama beberapa milenium.