Find Us On Social Media :

Ukraina Langsung Diserang Sementara Finlandia Terancam Jadi 'Ukraina Berikutnya'. Pantas Rusia Murka Terkuak Ini Status Netral Negara Eropa yang Berdekatan dengan Rusia

By Mentari DP, Jumat, 15 April 2022 | 19:30 WIB

Perang Rusia dan Ukraina.

Intisari-Online.com - Perang Rusia dan Ukraina telah membuat negara non-NATO lainnya ketakutan.

Apalagi bagi mereka yang berdekatan dengan Rusia

Bahkan baru-baru ini, di tengah perang Rusia dan Ukraina, Finlandia disebut-sebut siap menjadi 'Ukraina berikutnya'.

Rupanya seperti ini status netral negara Eropa yang berdekatan dengan Rusia seperti dilansir dari 24h.com.vn pada Jumat (15/4/2022).

1. Ukraina

Pada tahun 1991, setelah berpisah dari Uni Soviet, Ukraina menerapkan kebijakan netralitas dan menetapkan untuk tidak bergabung dengan blok militer mana pun.

Dalam Memorandum Budapest, Kiev setuju untuk mentransfer semua rudal balistik antarbenua, hulu ledak, dan senjata nuklir lainnya ke Rusia sebagai imbalan atas komitmen dari AS, Inggris, dan Rusia bahwa kedaulatan Ukraina akan dihormati.

Pada bulan Desember 1991, dalam sebuah referendum untuk memisahkan diri dari Uni Soviet, orang-orang di semenanjung Krimea menyatakan penentangan mereka.

Dua peristiwa ini membuat Leonid Kravchuk - Presiden pertama Ukraina - memahami bahwa, untuk menghindari ketidakstabilan domestik ketika baru merdeka, Kiev tidak dapat memisahkan diri dari Rusia, dan pada saat yang sama tidak dapat memisahkan diri dari Barat.

Oleh karenanya, Kravchuk berusaha menjaga hubungan baik dengan Rusia dan mempromosikan kerja sama dengan Barat di bidang ekonomi. 

Leonid Kuchma - penerus Kravchuk - juga terus mempraktikkan kebijakan netralitas, tetapi semakin condong mendukung Moskow, menurut DW.

Pada tahun 1997, Kuchma menandatangani "Perjanjian Persahabatan" dengan Presiden Rusia Yeltsin.