Find Us On Social Media :

Kewalahan Hampir Semua Kebutuhan Manusia Berasal dari China, Presiden Bank Dunia Sampai Wanti-wanti Seluruh Dunia untuk Lakukan Hal Ini Agar Tak Bergantung pada China

By May N, Rabu, 13 April 2022 | 18:40 WIB

Xiaomi Redmi 10C termasuk teknologi China yang dijual ke dunia

Intisari - Online.com - Negara-negara di seluruh dunia sedang bekerja untuk menambah keberagaman rantai pasokan mereka dan mengurangi ketergantungan dengan China, yang "mungkin bagus untuk semua orang," ujar Presiden Bank Dunia David Malpass pada Selasa (12/4/2022) lalu.

Malpass mengatakan perdagangan lintas perbatasan akan tetap penting untuk ekonomi global, dan China punya peran besar bermain sebagai konsumen dan produsen barang-barang dan kebutuhan manusia, dilansir dari Reuters.

Namun, berbicara dalam sebuah acara di Warsawa, Malpass mengatakan China juga dibutuhkan untuk jadi bagian dari sistem berharga yang dibagikan negara-negara lain dalam sistem perdagangan global, dan menambahkan, "Aku tidak tahu jika itu akan terjadi."

Ditanya mengenai apakah China sedang menghadapi krisis karena lockdown Covid-19 dan masalah utang dalam sektor properti mereka, Malpass mengatakan: "Mereka mengalami kemunduran, kemunduran besar dalam berbagai hal, dan perkiraan pertumbuhan telah turun."

Namun dia mengatakan jika Bank Dunia terus bekerja dengan baik dengan China, yang merupakan pemegang saham utama dan peminjam yang penggunaan pembiayaan pemberi pinjaman menyusut.

Bank juga bekerja sama dengan China untuk mendorong lebih banyak transparansi pinjamannya ke negara-negara berkembang, kata Malpass.

"Jadi saya kira cara saya memikirkannya adalah bahwa dunia perlu berinteraksi dengan China, mengakui bahwa itu penting di dunia dan semakin penting," kata Malpass.

Dia juga mengatakan bahwa dia tidak percaya dunia menghadapi "momen Bretton Woods" yang baru, mengacu pada konferensi tahun 1944 yang mengubah arsitektur keuangan internasional dan menciptakan Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional di tengah reruntuhan Perang Dunia Kedua.

Sistem itu, dengan dolar AS sebagai intinya, "berfungsi cukup baik," tambahnya.

"Pandangan saya adalah kita tidak berada pada titik itu sekarang sama sekali. Tidak ada perasaan dunia hilang," kata Malpass.

"Ada rasa persatuan sebagian besar dunia dalam satu upaya, yaitu mengakhiri perang di Ukraina."

Lockdown China