Find Us On Social Media :

Pernah Jadi Pintu Gerbang Neraka Perang Dunia II, Tetangga Ukraina Ini Malah Mengemis agar AS Kirim Senjata Penentu Perang Dunia III, Belum Kapok?

By Tatik Ariyani, Selasa, 5 April 2022 | 11:57 WIB

Ilustrasi - Perang Dunia III

Intisari-Online.com - Negara tetangga Ukraina, Polandia pernah menjadi gerbang Perang Dunia II.

Pada 1 September 1939, tentara Jerman yang berada di bawah pimpinan Adolf Hitler melancarkan invasi ke Polandia yang memicu dimulainya Perang Dunia II di wilayah Barat.

Pertempuran antara Nazi Jerman dan Polandia ini hanya berlangsung sekitar sebulan sebelum akhirnya Nazi meraih kemenangannya.

Namun, invasi tersebut menjerumuskan dunia ke dalam perang yang nantinya akan berlanjut selama hampir enam tahun dan merenggut nyawa puluhan juta orang.

Prancis dan Inggris memang mendeklarasikan perang terhadap Jerman dua hari setelah invasi ke Polandia.

Tetapi kedua negara membutuhkan waktu delapan bulan lagi sebelum terlibat dalam perang skala penuh dengan Nazi.

Uni Soviet pada waktunya pun ikut menyerbu Polandia dari timur pada 17 September.

Dilansir dari history.com, Jerman menginvasi Polandia dengan alasan untuk mendapatkan kembali wilayah yang hilang, dan untuk memerintah negara tetangga mereka di timur ini.

Invasi Jerman ke Polandia adalah awal bagaimana Hitler bermaksud mengobarkan perang melalui strategi “blitzkrieg”.

Pendekatan blitzkrieg (perang kilat) Jerman ditandai dengan pengeboman ekstensif sejak awal untuk menghancurkan kapasitas udara musuh, jalur kereta api, jalur komunikasi dan tempat pembuangan amunisi, diikuti oleh invasi darat besar-besaran dengan jumlah pasukan, tank, dan artileri yang sangat banyak.

Invasi Jerman ke Polandia terjadi hampir 25 tahun setelah dimulainya Perang Dunia I pada bulan Agustus 1914.

Namun, agaknya Polandia belum kapok terlibat perang. Negara ini malah meminta Amerika Serikat (AS) agar mengirim senjata penentu Perang Dunia III ini ke wilayahnya.