Find Us On Social Media :

Menyandang Gelar Pesawat Tercanggih Rusia, Pesawat Ini Langsung Tumbang di Tangan Wanita Ukraina Bermodalkan Senjata Ini

By Tatik Ariyani, Senin, 4 April 2022 | 16:36 WIB

Rudal Igla

Intisari-Online.com - Pasokan senjata dari NATO dan Uni Eropa juga memainkan peran penting dalam menghambat kemajuan Rusia di Ukraina.

Berdasarkan laporan Business Insider, Ukraina menerima senjata senilai miliaran dollar AS dari Barat.

Di antara bantuan itu, yang paling menonjol ialah tiga sistem senjata rancangan Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Swedia.

Sejak invasi dimulai, FGM-148 Javelin dan FIM-92 Stingers buatan AS, serta Next Generation Light Anti-Tank Weapon (NLAW) yang dirancang oleh Inggris dan Swedia telah menjadi teror pasukan Rusia.

Ukraina kerap menggunakan senjata portabel yang mudah dioperasikan oleh siapapun untuk melawan Rusia.

Senjata-senjata portabel tersebut terbukti sukses untuk melumpuhkan pesawat dan helikopter Rusia.

Melansir Daily Star, Sabtu (2/4/2022), seorang wanita muda Ukraina telah menembak jatuh dua jet Rusia dan sebuah helikopter serang dengan roket yang diluncurkan dari bahu.

Wanita berusia 22 tahun yang hingga beberapa minggu lalu kuliah di universitas itu menghancurkan pesawat dengan rudal permukaan ke udara Igla infrared.

Baca Juga: Tak Heran Rusia Tanpa Ragu Gempur Ukraina, Terbongkar Inilah Sikap Rusia Sesaat Sebelum Rudal Menghantam Ukraina, Ternyata Begini Hubungan Keduanya

Baca Juga: Walau Tindakannya Dikutuk Barat, Siapa Sangka 6 Negara Ini Terang-Terangan Berada di Pihak Rusia, Diprediksi Jadi Sekutu Jika Perang Dunia 3 Sebagian Besar Pemegang Senjata Nuklir?

Wanita itu hanya diajari cara menggunakan senjata itu dua minggu lalu, tetapi sekarang dia dianggap sebagai ahli.

Identitasnya dirahasiakan di tengah kekhawatiran agen Rusia akan mencoba membunuhnya.