Find Us On Social Media :

Tak Butuh Waktu Lama, Maudy Ayunda Langsung Setuju Jadi Jubir Presidensi G20 Indonesia, Ajak Sukseskan Kesempatan 20 Tahun Sekali Tersebut

By Tatik Ariyani, Jumat, 1 April 2022 | 08:47 WIB

Maudy Ayunda dipilih menjadi Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia.

Intisari-Online.com - Group of 20 (G20) merupakan forum internasional yang fokus pada koordinasi kebijakan di bidang ekonomi dan pembangunan.

G20 merepresentasikan kekuatan ekonomi dan politik dunia, dengan komposisi anggotanya mencakup 80% PDB dunia, 75% ekspor global, dan 60% populasi global.

Anggota-anggota G20 terdiri atas 19 negara dan 1 kawasan, yaitu: Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Republik Korea, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Dan Indonesia, untuk pertama kalinya, memegang Presidensi G20.

Periode Presidensi Indonesia berlangsung selama satu tahun, mulai 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022.

Serah terima keketuaan, atau handover, berlangsung pada KTT G20 di Roma, Italia, pada tanggal 31 Oktober 2021 dari PM Mario Draghi (Presidensi Italia) kepada Presiden Joko Widodo.

Adapun aktris sekaligus penyanyi Maudy Ayunda resmi diperkenalkan sebagai juru bicara Presidensi G20 Indonesia oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, Kamis (31/3/2022).

Maudy Ayunda mengaku merasa terhormat dipilih sebagai juru bicara.

Baca Juga: Dianggap Mustahil Gelar G20 Tanpa Rusia oleh Anggota DPR, Nyatanya Amerika Malah Pernah Rela Ubah Nama Organisasi Raksasa Ini Hanya Demi Depak Negeri Beruang Merah

Baca Juga: Gelagapan saat Tahu Indonesia 'Keukeuh' Undang Rusia ke G20, Joe Biden Tiba-tiba Ajukan Syarat yang 'Mengada-ada', Benar-benar 'Tukang Bikin Aturan Sendiri'

Lulusan S2 dari Stanford University itu mengaku mengambil tawaran menjadi juru bicara tersebut dalam tempo singkat.

"Tidak butuh waktu lama untuk saya menyetujui sebagai bagian dari tim juru bicara pemerintah Republik Indonesia untuk Presidensi G20," aku Maudy Ayunda dalam konferensi pers yang tersiar di Radio Trijaya FM.