Find Us On Social Media :

Kehidupan 'Gila' Ivan IV, Tsar Rusia yang Bikin Menantunya Keguguran Demi Kekuasaan hingga Panggil Ahli Nujum untuk Ramalkan Hal Ini

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 26 Maret 2022 | 18:48 WIB

(Ilustrasi) Ivan yang Menakutkan, Tsar Pertama Rusia

Intisari-Online.com Ivan yang Menakutkan atau Ivan IV Vasilyevich merupakan Grand Prince Moskwa sekaligus Tsar pertama Rusia.

Ivan yang Menakutkan bertakhta sebagai Kaisar Rusia pada 1547 hingga 1584, dan pemerintahannya dikenal sebagai masa penuh teror.

Ivan yang Menakutkan diyakini membunuh putra sekaligus penerus takhta Ivan Ivanovich.

Dia juga memiliki pribadi yang paranoid, pemarah, dan mempunyai masalah kejiwaan.

Kemudian dia juga membuat menantunya keguguran sehingga takhta jatuh ke tangan putranya yang lain Feodor Ivanovich atau Feodor I, dan menghasilkan Masa Permasalahan. 

Ivan merupakan putra pertama Vasili III Ivanovich sebagai penguasa Grand Duchy Moskwa dari istri kedua Elena Glinskaya, dan lahir pada 25 Agustus 1530 di Kolomenskoye.

Ketika berusia tiga tahun, Vasili III meninggal dunia karena menderita bisul bernanah serta peradangan di kaki yang diduga diakibatkan keracunan darah.

Sang ibu yang merupakan keturunan Serbia dan Lipka Tatar menjadi pemangku jabatan.

Baca Juga: Ekekusi Mati Musuhnya Lalu Dagingnya Dijadikan Makanan Anjing, Inilah Ivan The Terrible, Kaisar Rusia yang Setiap Hari Lakukan Eksekusi Mati

 Baca Juga: Tidak Hanya Ada pada Tank Rusia yang Konvoi ke Arah Ukraina, Simbol 'Z' Sudah Bertebaran di Mana-mana, Maknanya Lebih Menakutkan Daripada yang Diduga Semua Orang

Namun dia tewas dengan dugaan dia dibunuh oleh racun.

Status sebagai pemangku jabatan Grand Duchy Moskwa sempat menjadi rebutan di antara bangsawan, utamanya Keluarga Shuisky dan Belsky.