Find Us On Social Media :

Berusia 500 Tahun, Ruang Mata-mata Rahasia Ini Ditemukan di Bawah Jalan Moskow, Diperkirakan Dibangun oleh Ibu Ivan ‘Mengerikan’, Digunakan Terakhir Saat Perang Rusia Lawan Polandia

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 1 Maret 2022 | 13:25 WIB

Ruang mata-mata rahasia yang ditemukan di bawah jalan Moskow.

Intisari-Online.com – Ruangan, yang dibangun di bawah dinding, ini memiliki efek akustik khusus yang memungkinkan orang untuk menguping musuh mereka.

Sebuah rekaman menakjubkan menunjukkan ruang mata-mata rahasia berusia 500 tahun yang ditemukan di bawah jalan Moskow.

Para arkeolog yang menelitinya mengatakan bahwa ruangan itu dibangun oleh ibu Ivan ‘Mengerikan’ pada abad ke-16.

Diperkirakan ruangan itu digunakan untuk menguping musuh melalui dinding.

Dinding berkubahnya dikatakan telah menciptakan efek akustik khusus yang membantu orang mendengarkan apa yang terjadi di luar.

Ruangan itu terakhir digunakan pada abad k-17 ketika Rusia berperang melawan Polandia.

Di dalam ruangan tersebut berisi sekitar 150 artefak kuno termasuk pot, mangkuk, dan pisau besi.

Rupanya ruangan mata-mata dibangun di bawah tembok yang dibangun tersebut untuk melindungi Rusia dari serangan Polandia.

Baca Juga: Kisah Tsar Ivan IV yang Mengerikan, Bunuh Anak dan Pewarisnya Sendiri hingga Punya Penerus yang Tidak Becus Mengurus Pemerintahan

 Baca Juga: Gempar Rusia Lakukan Operasi Militer ke Ukraina, PBB Langsung Turun, Ternyata Wakil Ukraina Ini Sebut Upaya PBB Sudah Terlambat, Begini Ucapannya!

Tembok itu memiliki 12 menara dan panjangnya 2,5 kilometer saat pertama kali dibangun, menurut laporan rt.com, melansir mirror.co.uk.

Seorang arkeolog yang bekerja pada situs tersebut mengatakan kepada kantor berita Interfax, “Mayoritas artefak yang ditemukan adalah keramik abad ke-18-19, seperti pecahan pot, mangkuk, bahkan ada cangkir keramik yang sangat terawat.”