Find Us On Social Media :

Tanggal Jawa Tahunan 2022: Weton Pasaran dan Wuku Serta Bulan Baik untuk Hajatan Pernikahan dari Januari hingga Desember

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 18 Maret 2022 | 07:00 WIB

Tanggal Jawa Tahunan tahun 2022, mulai Januari hingga Desember

Intisari-Online.com – Berikut ini adalah tanggal jawa tahunan untuk tahun 2022, mulai dari Januari hingga Desember.

Sebagian masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Jawa membutuhkan kalender jawa tahunan ini untuk mengetahui weton atau menentukan hari baik dan buruk dalam melakukan aktivitas, salah satunya hajatan pernikahan.

Di dalam tanggal Jawa tahunan tahun 2022 ini juga lengkap dengan weton pasaran dan wuku pada masing-masing bulan.

Tanggal Jawa tahunan atau kalender Jawa merupakan sistem penanggalan yang digunakan oleh Kerajaan Mataram pada masa pemerintahan Sultan Agung Adi Prabu Hanyakrakusuma (1613-1645 M).

Sistem tanggal Jawa tahunan menggunakan dua siklus hari, yang keduanya adalah siklus mingguan terdiri dari tujuh hari (Minggu sampai Sabtu) dan siklus pekan pancawara yang terdiri dari lima pasaran.

Siklus bulan pada tanggal Jawa tahunan adalah Sura, Sapar, Mulud, Bakdamulud, Jumadilawal, Jumadilakhir, Rejeb, Ruwah, Pasa, Sawal, Dulkangidah, dan Besar.

Wuku merupakan bagian dari siklus dalam tanggal jawa untuk menentukan hari keberuntungan atau hari baik serta hari buruk yang berkaitan dengan weton kelahiran.

Berikut ini tanggal Jawa tahunan tahun 2022, mulai dari Januari hingga Desember, termasuk weton pasaran dan wuku.

Baca Juga: Inilah Tanggal Jawa Tahunan Tahun 2022, dari Januari Hingga Desember, Termasuk Weton Pasaran Hingga Wuku, Perhatikan Bulan Baik untuk Hajatan

 Baca Juga: Tanggal Jawa Hari Ini 24 Februari 2022, Berdasarkan Kalender Jawa Inilah Jodoh Weton Kamis Legi, Adakah Weton Anda?

1. Tanggal Jawa Januari 2022

Tanggal Jawa Januari 2022 ini dimulai dari hari Sabtu 27 Pahing (1 Januari) dan diakhiri Senin 27 Pahing (31 Januari).