Find Us On Social Media :

Enam Makanan Ini dapat Meningkatkan Fokus dan Motivasi, serta Melawan Stres

By Ilham Pradipta M., Senin, 13 Juni 2016 | 06:30 WIB

Enam Makanan Ini dapat Meningkatkan Fokus dan Motivasi, serta Melawan Stres

Intisari-Online.com – Untuk meningkatkan motivasi dan semangat dalam menjalani hari memang gampang-gampang susah. Sama halnya dengan mengendalikan stres hingga melawan depresi. Lalu, bagaimana untuk mengatasi hal tersebut? Nah, kini terdapat beberapa makanan yang dapat meningkatkan motiviasi dan melawan stres pada tubuh kita.  

1. TunaIkan ini mengandung 69 persen vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari. Bila jumlah vitamin B6 dalam tubuh rendah, mood kita akan menurun hingga memicu depresi. Nah, suatu studi  mengatakan kalau ikan tuna dapat meningkatkan motivasi kita.

Menurut University of Maryland Medical Center, vitamin B6 dapat mencegah dan mengobati Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Gangguan ini ditandai kurangnya perhatian, hiperaktif, dan impulsif—hal-hal yang menyulitkan kita untuk lebih fokus.

2. BayamMengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam, dapat memperlambat laju penurunan kognitif. Hal ini senada dengan penelitian yang dilakukan Harvard Medical School. Bayam juga dapat meningkatkan fokus kita dalam belajar. Selain itu, sayuran ini juga bisa melindungi otak dari stres oksidatif, yang dapat menyebabkan penyakit alzheimer.

3. Biji-bijianBiji-bijian tidak hanya meningkatkan energi dan memenuhi kebutuhan karbohidrat kompleks dalam tubuh. Tapi, biji-bijian juga mengandung folat dan vitamin B yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Di samping itu, khasiatnya biji-bijian juga dapat mengobati depresi.

4. StroberiMenurut sebuah studi satu porsi atau lebih stroberi, dapat membantu meningkatkan fungsi memori pada otak. Bila kita merasa kewalahan untuk menjalani berbagai aktivitas, cobalah konsumsi buah ini.

5. TerongTerong mengandung nutrien yang dapat meningkatkan komunikasi antar sel-sel otak.  Nah, walhasil ia dapat menjaga pikiran dan fokus kita tetap tajam. Untuk kita yang ingin mengonsumsinya dengan cara dipanggang, bisa mengombinasikan terong dengan minyak zaitun untuk hasil yang lebih baik.

6. BlueberryApakah Anda kehilangan motivasi dan fokus? Bila iya, blueberry adalah salah satu senjata yang ‘mematikan’ untuk mengatasi hal itu. Bluberry dapat menjaga wilayah  hippocampus pada otak agar lebih baik. Area ini amat berkaitan dengan fungsi memori pada otak.

(eatthis.com)