Find Us On Social Media :

Tinggal Berapa Hari Lagi Ramadhan, Ini Jadwal Puasa Ramadhan 2022 Beserta Niat dan Doa Berbuka Puasa

By Khaerunisa, Selasa, 15 Maret 2022 | 06:10 WIB

Ilustrasi. Berapa hari lagi Ramadhan.

Intisari-Online.com - Tinggal berapa hari lagi Ramadhan, umat Islam sebentar lagi akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 2022.

Memangnya kapan jadwal puasa Ramadhan 2022?

Kita akan memasuki bulan Ramadhan 2022 kurang dari 3 minggu lagi.

Jika merujuk pada kalender Kalender Hijriah Global yang dikeluarkan Muhammadiyah, 1 Ramadhan 1443 atau awal bulan puasa akan jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022.

Hal itu tercantum pada Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 H yang ditandatangani Prof Haedar Nashir selaku Ketua Umum PP Muhammadiyah dan Agung Danarto selaku Sekretaris.

Penetapan tersebut berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Dengan begitu, umat Islam yang mengikuti hasil perhitungan menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal tersebut, akan sampai kepada Bulan Suci Ramadhan dan menjalankan ibadah puasa Ramadhan sekitar 18 hari lagi.

Sedangkan Nahdlatul Ulama (NU) dan pemerintah atau Kementerian Agama (Kemenag) belum memaparkan pelaksanaan rukyatul hilal atau menggelar sidang isbat, namun tentunya jadwal puasa Ramadhan 2022 tak akan jauh berbeda.

Baca Juga: Beginilah Hikmah Puasa dan 10 Manfaat Puasa Ramadan Bagi Umat Muslim

Baca Juga: Jangan Lupa Dicoba Sebelum Tidur, Letakkan Bawang Bombai di Telapak Kaki Selama Semalaman, Tubuh Bisa Alami Perubahan Menakjubkan Ini

Tinggal berapa hari lagi Ramadhan, sudah sejauh mana persiapan Anda untuk menyambut bulan suci Ramadhan?

Jika belum memulai persiapan, bisa dimulai dengan mengingat-ingat niat dan doa berbuka puasa.