Find Us On Social Media :

ini Dia, Enam Makanan yang Membuat Kita Lebih Rileks

By Ilham Pradipta M., Jumat, 9 September 2016 | 11:30 WIB

ini Dia, Enam Makanan yang Membuat Kita Lebih Rileks

Intisari-Online.com – Salah satu cara untuk membuat badan lebih releks bisa dilakukan dengan berolahraga. Sayangnya, terkadang waktu dan cuaca kerap menjadi faktor penghambatnya. Nah, untuk menyiasatinya, kita bisa mengonsumsi makanan tertentu untuk membuat badan lebih relaks.

1. MaduMadu merupakan makanan yang dikonsumsi orang banyak. Namun, mungkin tak banyak yang tahu kalau madu bisa membuat tubuh dan pikiran lebih rileks. Madu mengandung triptofan, yang membantu tubuh untuk mengurangi kecemasan. Selain itu, madu juga mengandung kalium yag bisa memberikan efek menenangkan bagi otak dan tubuh.

2. SusuBenar kata ibu saat kita kecil, kalau susu memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Usut punya usut, susu juga bisa membuat kita lebih relaks. Susu hangat mengandung senyawa triptofan yang membantu merangsang pertumbuhan hormon serotonin (hormon kebahagian). 

3. Cokelat hitamMakanan ini membantu tubuh untuk mengurangi stres di otak. Sebab, cokelat hitam mengandug serotonin, endorfin, dan dopamin. Ketiganya merupakan hormon yang membantu mengurangi stres di otak.   

4. Kacang dan biji-bijianKedua makanan ini kaya akan magnesium, selenium, vitamin E, dan vitamin B-kompleks. Semua kandungan itu membuat otak kita jadi lebih rileks. Namun, jangan terlalu berlebihan untuk mengonsumsi kacang tanah dan biji labu. Keduanya mengandung tinggi natrium yang tidak baik untuk kesehatan.

5. TelurSama halnya seperti susu, telur adalah sumber asam amino yang dikemans dengan triptofan. Triptofan inilah yang bisa menimbulkan rasa relekas pada otak.

6. PisangBuah ini sarat dengan kalium dan magnesium yang dikenal baik untuk membuat otot relaks secara alami. Nah, kalau otot jadi lebih rileks, alhasil tubuh pun demikian. Pisang juga mengandung triptofan yang meningkatkan pelepasan serotonin di otak.