Find Us On Social Media :

Ini Dia, Tujuh Makanan dan Minuman yang Bisa Meningkatkan Energi Sebelum Berolahraga

By Ilham Pradipta M., Kamis, 15 September 2016 | 08:30 WIB

Ini Dia, Tujuh Makanan dan Minuman yang Bisa Meningkatkan Energi Sebelum Berolahraga

Intisari-Online.com – Ketika ingin berolahraga, tentunya tubuh membutuhkan energi sebagai bahan bakarnya. Sebenarnya, ada beberapa makanan dan minuman yang bisa kita konsumsi untuk memenuhi kebutuhan energi. Makanan dan minuman ini akan memberikan kita tenaga yang cukup untuk melewati latihan fisik.

1. Matcha. Matcha merupakan teh hijau berbentuk bubuk halus. Matcha adalah sumber lain kafein alami yang membuat kita lebih bertenaga. Kafein dalam matcha penuh asam amino L-theanine. L-theanine ini bisa meningkatkan gelombang otak alpha yang bisa menghilangkan stres dan membuat kita lebih rileks.

2. Kopi. Minuman sejuta umat ini merupakan minuman energi yang paling sederhana, sehat, dan efektif. Secangkir kopi hitam yang kita minum 30 menit sebelum latihan, bisa membuat kita tetap fokus dan lebih termotivasi.

3. Pisang. Ingin nge-gym tapi tak sempat sarapan? Makanlah pisang! Pisang adalah makanan ringan yang ideal sebelum hendak berolahraga. 100 kalori yang terkandung dalam pisang sudah cukup menjadi bahan bakar tubuh selam satu jam. Buah ini juga bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil selama latihan berat.

4. Alpukat toast. Alpukat toast benar-benar dapat melengkapi kebutuhan energi tubuh. Selain itu, menyajikan makanan ini tak membutuhkan waktu lama. Hanya cukup tiga menit kita bisa memakan satu porsi buah, lemak sehat, protein, dan karbohidrat.

5.  Cokelat hitam. Kakoa yang terkandung dalam cokelat hitam dapat bertindak sebagai stimulan. Sebab, ia mengandung kafein dan theobromine, dua sumber energi alami. Antioksidan dalam cokelat juga membuat pembuluh darah arteri lebih santai sekaligus meningkatkan aliran darah.

6. Telur rebus. Walaupun terbilang sederhana, telur rebus mengandung enam gram protein, vitamin D, dan omega-3. Makanan ringan ini akan membantu kita tetap berenergi untuk melakukan latihan kardio. Di samping itu, telur rebus juga tak akan membuat perut kita terasa penuh.

7. Jeruk nipis. Banyak orang merasa begitu lelah ketika bangun di pagi hari. Padahal, penyebabnya sangat sederhana, yakni dehidrasi. Nah, air jeruk nipis bisa “menghidupkan” kembali diri kita ketika sebelum berolahraga. Bahkan, minuman ini mengandung banyak energi dan membuat suasana hati lebih baik.(Healthfitnessrevolution.com)