Find Us On Social Media :

Punya Kekuatan Ubah Apa pun Jadi Emas, Legenda Yunani Raja Midas yang Bertelinga Keledai Ini Akhirnya Tak Bisa Makan dan Minum Karena Semua yang Disentuhnya Berubah Jadi Emas

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 3 Maret 2022 | 20:00 WIB

Legenda Yunani Raja Midas, yang mengubah apa pun menjadi emas.

Intisari-Online.com – Menurut mitos, Midas adalah raja Frigia di Asia Kecil yang terkenal dengan kekayaannya tetapi selalu menginginkan lebih banyak.

Dalam beberapa sumber kuno, Midas atau leluhurnya memimpin orang-orangnya, Moschia atau Brigia, dari Makedonia kuno melintasi Hellespont dan masuk ke Asia Kecil.

Saat masih bayi, kekayaan Midas  yang besar diprediksi oleh semut yang meninggalkan tumpukan besar biji-bijian gandum di sisi buaiannya.

Saat remaja, Midas disebut telah dibimbing oleh Orpheus, pemain kecapi yang hebat.

Suatu hari, raja sedang mengembara di taman mawarnya yang terkenal ketika dia bertemu dengan seorang satir yang mabuk.

Satir itu adalah Silenus yang terkenal dengan kebijaksanaannya tetapi pada kesempatan khusus ini dia mabuk berat.

Midas membantunya menjernihkan pikiran, memberi makan, dan kemudian mengembalikan Silenus kepada Dionysos, dewa anggur dan kegembiraan Yunani.

Namun, dalam versi lain dikisahkan bahwa Midas telah membius Silenus dengan mencemari kolam di kebun tempat satir itu minum.

Baca Juga: Kisah Echidna, Dijuluki Ibu dari Semua Monster, Makhluk Hibrida Wanita Penghuni Gua dalam Mitologi Yunani, Kematiannya Masih Misterius, Benarkah Dibunuh oleh Herkules?

 Baca Juga: Seperti Halnya Bangsa Mesir Kuno dan Romawi Kuno, Inilah 10 Dewi dalam yang Mitologi Yunani Kuno, Mulai dari yang Keibuan, Bijaksana, Hingga Dianggap Sebagai Dewa dan Tetap Perawan

Midas berharap untuk menangkap Silenus dan mengekstrak semua pengetahuan yang terkenal darinya.

Dalam versi lain lagi, dikisahkan Silenus dengan lembut ditangkap oleh anak buah Midas, yang mengikat karangan bunga mawar ke anggota tubuhnya.