Find Us On Social Media :

Cara Mudah Menghilangkan Stres

By Esra Dopita M Sidauruk, Rabu, 14 September 2016 | 13:30 WIB

Cara Mudah Menghilangkan Stres

Intisari-Online.com - Apa yang dapat Anda lakukan ketika stres atau dalam tekanan? Sebetulnya, ada banyak cara untuk mengatasi stres. Salah satu cara mudah untuk menghilangkan stres, yakni dengan menarik napas perlahan-lahan dan menghembuskan secara perlahan.

Menurut teknik pernapasan kuno, jika Anda mengambil 5-6 napas secara perlahan setiap satu menit dapat membantu menstabilkan denyut jantung. Namun, jika Anda melakukannya selama 10 menit setiap hari, maka akan menunjukkan perubahan drastis. Semakin banyak berlatih, semakin dapat meningkatkan ketahanan terhadap stres.

Bernapas dengan penuh kesadaran dapat membantu mempercepat mekanisme fisiologis dan bioenergik otonom tubuh. Perubahan ini terjadi karena oksigen tubuh dapat menyeimbangkan cakra energi internal Anda, sehingga berdampak langsung pada sistem saraf.

Selain bernapas secara perlahan, pergi ke alam bebas atau keluar dari rumah sejenak dapat membantu meringankan stres secara alami. Sejumlah penelitian menunjukkan, hormon kortisol, yakni hormon stres lebih rendah pada orang-orang yang berada di ruang hijau.

Bahkan lima menit di alam bebas dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan mood. Duduk diam selama 10 menit dapat membantu mengurangi perasaan stres dan kecemasan. Perlu diketahui, kesepian juga dapat menjadi sumber stres. Maka itu, disarankan untuk sering berkumpul dengan teman atau menghadiri acara komunitas dapat mengusir kesepian.

(Health me up)