Find Us On Social Media :

Bergantung pada Kubah Besi untuk Lindungi Wilayahnya dari Serangan Udara, Kini Israel Juga Kembangkan C-Dome, Apa Bedanya dengan Iron Dome?

By Tatik Ariyani, Selasa, 22 Februari 2022 | 08:49 WIB

Israel Berhasil Menyelesaikan Serangkaian Uji Tembakan Langsung Pertama 'C-Dome'

Intisari-Online.com - Pada hari Senin, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan bahwa mereka telah berhasil menguji C-Dome.

C-Dome merupakan konfigurasi angkatan laut dari sistem pertahanan rudal Iron Dome (Kubah Besi).

Sistem C-Dome dirancang untuk mencegat ancaman tingkat lanjut.

Melansir The EurAsian Times, Senin (20/2/2022), C-Dome dikembangkan oleh tentara bersama dengan Kementerian Pertahanan Israel dan perusahaan pertahanan yang berbasis di Israel, Rafael.

“Israel telah berhasil menyelesaikan seri pertama uji tembak 'C-Dome' — konfigurasi angkatan laut lanjutan dari Sistem Pertahanan Udara Iron Dome — di atas Kapal Angkatan Laut Israel Sa'ar 6 'Magen' Class Corvette," tweet IDF.

'C-Dome' dikembangkan oleh Organisasi Pertahanan Rudal Israel di Direktorat Litbang Pertahanan @Israel_MoD bersama dengan IDF & @RafaelDefense. Ini bergabung dengan beberapa sistem canggih dalam susunan pertahanan rudal multi-tier Israel, termasuk. Panah & Selempang David.

Serangkaian tes mensimulasikan sejumlah ancaman canggih termasuk tembakan roket, rudal jelajah & UAV, yang dirancang untuk berhasil dicegat oleh 'C-Dome'. Uji tembak langsung ini merupakan tonggak penting dan menunjukkan kemampuan operasional Angkatan Laut Israel untuk mempertahankan aset strategis dan kepentingan vital Negara Israel terhadap ancaman saat ini dan yang terus berkembang.

Uji coba tersebut termasuk tembakan roket, serangan rudal jelajah, dan kendaraan udara tak berawak, tambahnya dalam tweet lanjutan.

Baca Juga: Larang Iron Dome Dikirim ke Ukraina, Rupanya Kubah Besi yang Lindungi Israel Bertahun-tahun dari Serangan Rudal Ini Berhasil Ditembus Rudal Sijeel Hamas

 Baca Juga: Israel Begitu Pelit, Larang AS Kirim Sistem Pertahanan Iron Dome ke Ukraina di Tengah Ancaman Invasi Rusia, Rupanya Hubungan Israel dan Rusia Ini Jadi Pemicunya

C-Dome akan diintegrasikan ke dalam sistem pertahanan udara Israel.

“Uji coba tembakan langsung ini merupakan tonggak penting dan menunjukkan kemampuan operasional Angkatan Laut Israel untuk mempertahankan aset strategis dan kepentingan vital Negara Israel terhadap ancaman saat ini dan yang terus berkembang,” tweet IDF.