Find Us On Social Media :

Berapa Hari Lagi Bulan Puasa Ramadhan Tahun 2022? Ketahui Begini Pola Makan Sehat Saat Puasa

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 16 Februari 2022 | 07:00 WIB

Berapa hari lagi bulan puasa, begini pola makan sehat saat puasa Ramadhan.

Intisari-Online.com – Meski baru pertengahan bulan Februari, namun sudah banyak pertanyaan berapa hari lagi bulan puasa Ramadhan tahun 2022 ini.

 Tahun 2022 ini bertepatan dengan tahun 1443 Hijriyah menurut kalender Islam.

Melalui keputusan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri, pemerintah telah menetapkan bahwa jadwal libur Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriyah di tahun 2022 ini adalah tanggal 2-3 Mei 2022.

Lalu, berapa hari lagi bulan puasa, yang berarti dimulainya bulan Ramadhan 1443 Hijriyah?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, bagaimana pun Anda sedang berpuasa, apalagi di tengah masa pandemi ini, maka pola makan sehat harus tetap mengikuti pola 3J.

Pola 3J, yaitu jumlah, jenis, dan jadwal.

Itu berarti, jumlah kalori sesuai kebutuhan, kemudian komposisi dari jenis karbohidrat, protein, dan lemak juga harus seimbang, serta nutrien spesifik pun terpenuhi, dan waktu makan terjadwal dengan baik.

Jadwal makan untuk berpuasa, diatur sebagai berikut, sahur, makanan berbuka, makanan lengkap (setelah magrib), dan makanan kecil (setelah sholat tarawih).

Baca Juga: Berapa Hari Lagi Puasa 2022, Masuki Bulan Ramadhan 1443 Hijriyah dan Perhitungannya

 Baca Juga: Puasa Berapa Hari Lagi Ya? Meski Masih Suasana Pandemi, Persiapkan Puasa Ramadhan dengan Baik, Ini Triknya!

Meski berpuasa, namun total kalori yang masuk tidak berbeda dengan biasanya ketika tidak berpuasa, demikian pula dengan komposisi makanannya, yang berubah hanyalah jadwal makan dan porsinya saja.

Untuk pembagian porsi makanan saat berpuasa, yaitu sahur 40 persen, buka puasa 50 persen, dan selesai tarawih 10 persen.