Find Us On Social Media :

Begini Sejarah Singkat Sepak Bola, Dikenal di Seluruh Dunia, Olahraga Tertua dalam Sejarah

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 15 Februari 2022 | 15:05 WIB

Sejarah singkat sepak bola

Intisari-Online.com – Begini sejarah singkat sepak bola, yang dikenal di seluruh dunia, sebagai salah satu olahraga tertua dalam sejarah.

Berasal dari 206 SM, sejarah singkat sepak bola dimulai, ada kisah tentara China bernama Tsu’chu, ‘menendang bola’ untuk melengkapi resimen pelatihan mereka selama Dinasti Han.

Meski banyak budaya kuno lainnya yang memainkan permainan dengan bola, namun Tsu’chu adalah orang pertama yang tidak memperbolehkan menggunakan tangan.

Gol terdiri dari jaring yang dipasang pada dua tiang bambu dan ditinggikan 9,14 meter di udara.

Sangat kontras dengan gawang modern yang berdiri di atas tanah dan memanjang setinggi 2,44 meter dan lebar 7,32 meter.

Gaya permainan bola yang berpusat di sekitar kaki ini, kemudian menyebar ke seluruh dunia.

Periode abad pertengahan di Eropa, khususnya di Inggris, permainan bola ini dimainkan di kota-kota dengan mengadu antar-regu, yang disebut Folkball.

Tujuannya menempatkan bola ke area yang ditentukan, biasanya ‘rumah’ kapten, untuk mencetak poin.

Baca Juga: Begini Sejarah Singkat Terciptanya Bola Voli Hingga Bola Voli Pantai, Serta Dimulainya Kejuaraan Dunia

 Baca Juga: Ramai Soal Isu Thailand Kena Sanksi Piala AFF Gara-gara Gunakan Doping, Mengapa Doping Dilarang dalam Sepak Bola Sampai Mendapat Sanksi Jika Menggunakannya?

Ini sering memerlukan jarak beberapa mil, dan menghasilkan pertandingan dengan skor rendah karena proses menggiring bola akan brutal dan tanpa memperhatikan keselamatan orang lain.

Tanpa aturan yang ditetapkan, permainan ini menyebabkan keributan besar-besaran di seluruh kota tempat permainan tersebut diadakan, hingga dilarang pada abad ke-14.