Find Us On Social Media :

'Saya Bukan Kelinci Percobaan', Kisah Hisashi Ouchi Korban Kecelakaan Nuklir Jepang yang Kromosomnya Pecah dan Sel Darah Putihnya Sampai Nol, Begini Kisah Naasnya

By May N, Senin, 14 Februari 2022 | 20:26 WIB

Hisashi Ouchi korban kecelakaan nuklir Tokaimura.

Intisari - Online.com - Jepang mengalami kecelakaan nuklir tiga kali, tapi korban nuklir terburuk negara itu justru berasal dari kecelakaan lokal yang terjadi di pabrik pengolahan bahan bakar nuklir JCO.

Mereka adalah Hisashi Ouchi (35)Masato Shinohara (39), dan Yutaka Yokokawa (54), yang mengalami ledakan di dalam Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Tokai-Mura.

Pada 30 September 1999, Hisashi Ouchi dan Masato Shinohara sedang mencampur bahan bakar yang mengandung uranium dalam tangki stainless steel.

Sementara Yokokawa sedang duduk di meja yang berjarak 4 meter.

Tiba-tiba, ada kilatan biru saat campuran mengalami reaksi nuklir yang memancarkan radiasi neutron dan sinar gamma.

Kejadian itu lantas membuat ketiganya terkenda dosis radiasi yang tinggi.

Ouchi, yang paling dekat dengan tangki, diledakkan dengan 17 saringan radiasi. Ini mungkin dosis radiasi tertinggi yang pernah dialami manusia.

Sementara Shinohara menerima 10 siever dan Yokokawa menerima 3 siever.

Baca Juga: Jadi Korban Radiasi Nuklir Terburuk, Beginilah Mengerikannya Kondisi Hisashi Oichi dari Hari ke Hari, 'Aku Tidak Tahan Lagi'

Baca Juga: Hisashi Ouchi dan Rekannya Tewas Terpapar Radiasi Nuklir Terburuk Sepanjang Sejarah Jepang, Korban ke-3 Yutaka Yokokawa Justru Ditangkap Polisi

Dilansir dari japantimes.co.jp pada Jumat (28/5/2021), efek radiasi pada Ouchi langsung terasa. Dia kesakitan dan tidak bisa bernapas.

Dia muntah ke dalam tangki dan pingsan di ruang dekontaminasi.