Find Us On Social Media :

Jika Israel Serang Iran, Dampaknya Bisa Sangat Mengerikan, Termasuk Putra Mahkota Arab Saudi Nekat Ambil Keputusan yang Dibenci Umat Muslim di Seluruh Dunia Ini

By Tatik Ariyani, Senin, 14 Februari 2022 | 10:38 WIB

(Ilustrasi) Israel menyerang Iran

Intisari-Online.com - Negosiasi antara kekuatan dunia dan Iran di Wina, Austria untuk membicarakan kembali kesepakatan nuklir masih terus berlanjut dan dilaporkan memasuki 'tahap akhir'.

Namun, jika pembicaraan di Wina gagal menghasilkan kesepakatan dan Iran masih melanjutkan program nuklirnya, prospek serangan Israel terhadap Iran menjadi jauh lebih tinggi.

Khawatir bahwa kesepakatan dengan Iran tidak akan mampu menghentikan negara itu mengembangkan senjata nuklir, Israel telah mengisyaratkan kesiapannya untuk menyerang Iran.

Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett menyatakan bahwa “Israel akan terus memastikan kebebasan penuh operasinya di mana saja dan kapan saja, tanpa batasan,” dan komandan IAF yang akan datang, Mayjen. Tomer Bar mengatakan bahwa Angkatan Udara Israel siap untuk menyerang Iran “besok.”

Jika Israel memang menyerang Iran, seperti yang semakin disiratkan oleh pejabat Israel, apa dampaknya terhadap Timur Tengah? Bagaimana wilayah ini akan berbeda setelah perkembangan seperti itu?

Pertanyaan-pertanyaan ini mungkin hipotetis sekarang, tetapi itu bisa berubah menjadi kenyataan besok.

Untuk menjawab pertanyaan-pernyataan tersebut, Wikistrat, sebuah konsultasi crowdsourced, menjalankan simulasi selama seminggu dari 24 hingga 31 Januari 2022 saat pembicaraan di Wina masih berlangsung, melansir The Jerusalem Post, Minggu (13/2/2022).

Untuk mengeksplorasi bagaimana serangan Israel akan berdampak pada stabilitas kawasan, simulasi difokuskan pada lima aktor yang dianggap paling signifikan di kawasan Teluk: Iran, Arab Saudi, Amerika Serikat, China, dan Rusia.

Baca Juga: Inilah A-4 Skayhawk, Jet Tempur Milik Israel yang Mengendap-endap sampai Dibeli oleh Indonesia Melalui Operasi Rahasia, Memangnya Apa Hebatnya?

 Baca Juga: Berisi Ayat-ayat dari Nabi Zakaria, Inilah Naskah Kuno Berusia 2.000 Tahun Milik Pemberontak Yahudi yang Terkait Ayat Alkitab Ditemukan di Goa Horor Israel

Simulasi tersebut melibatkan 31 ahli dari 13 negara dan berfokus pada tiga skenario: serangan Israel yang berhasil ke Iran, serangan yang gagal, dan serangan yang berhasil sebagian.

Diskusi dalam simulasi menghasilkan beberapa wawasan kunci.