Find Us On Social Media :

Frustasi Tak Bisa Beli Jet Tempur F-35 dan Jet Tempur Canggih Lainnya Karena Kena Sanksi, Turki Hanya Bisa Beli Jet Ini untuk Lengkapi Militernya

By Tatik Ariyani, Senin, 14 Februari 2022 | 09:26 WIB

Jet tempur F-35 Lightning II

Intisari-Online.com - Di tengah jet tempur F-16 Turki yang mulai menua, tampaknya Turki tak punya banyak pilihan untuk membeli jet tempur untuk melengkapi militernya.

Hal itu dikarenakan sanksi yang dikenakan pada Turki sebagai akibat dari membeli rudal S-400 Rusia.

Di tengah kesulitan untuk memperoleh jet tempur yang mumpuni untuk militernya, musuh bebuyutannya Yunani telah membeli jet tempur Rafale Prancis.

Hal itu tampak seperti menciptakan urgensi bagi Ankara untuk meningkatkan armada tempurnya.

Melansir The EurAsian Times, Minggu (14/2/2022), kesempatan Angkatan Udara Turki untuk membeli jet siluman F-35 generasi kelima telah hilang sebagai akibat dari akuisisi sistem pertahanan rudal udara S-400 Rusia oleh Turki.

Meskipun menjadi anggota NATO, Turki dikenai sanksi oleh Washington di bawah CAATSA serta dikeluarkan dari program F-35 Joint Strike Fighter.

Ankara juga dapat ditolak izinnya untuk membeli 40 F-16 Block 70 baru dan 80 kit modernisasi yang dimintanya dari AS pada Oktober 2021.

Penjualan itu menghadapi tentangan keras dari anggota Kongres yang kritis terhadap perluasan hubungan Turki dengan Rusia.

Baca Juga: Tak Selaris Jet Tempur F-35 Amerika, Rafale yang Diborong Prabowo Ternyata Sepi Peminat Meski Punya Kemampuan Hebat, Pakar Ungkap Penyebabnya

 Baca Juga: Rekaman Rahasia Bocor, Terkuak Bagaimana Pesawat Canggih Milik AS yang Punya Julukan Pesawat Termahal di Dunia Ini Mendadak Jatuh ke Laut, Ternyata Alami Insiden Memalukan Ini

Padahal, armada F-16 berfungsi sebagai tulang punggung Angkatan Udara Turki.

Pada November tahun lalu, laporan mengindikasikan bahwa pembicaraan mengenai F-16 strategis sedang berlangsung, namun juga tidak ada kemajuan di bidang itu.