Find Us On Social Media :

Tak Heran China Sumringah, Tak Hanya Afrika yang Kepincut Dana Segar dari Negeri Panda, Rupanya Negara ArabJatuh Juga Ke Dalam Jebakan China, Gelontoran Nominal Fantastis Ini Jadi Buktinya

By Afif Khoirul M, Sabtu, 5 Februari 2022 | 12:10 WIB

Presiden Tiongkok Xi Jinping dan para pemimpin asing menghadiri upacara pembukaan KTT Beijing Forum Kerja Sama Tiongkok-Afrika (FOCAC) di Aula Besar Rakyat di Beijing, ibu kota Tiongkok, 3 September 2018.

Intisari-online.com - China memang terkenal sebagai negara pemberi utang terbanyak di dunia.

Hal itu sesuai dengan proyek Belt and Road Initiative (Sabuk dan Jalan) China, dengan tawaran fantastis.

Banyak negara telah jatuh ke dalam tawaran utang menggirutkan China untuk proyek tersebut seperti negara-negara Afrika.

Namun, siapa sangka negara-negara Arab pun juga jatuh juga ke dalam tawaran menggiurkan China.

Investasi China di negara-negara Arab dan Timur Tengah melalui Belt and Road Initiative meningkat sekitar 360% pada tahun 2021.

Irak adalah target utama Inisiatif Sabuk dan Jalan (BRI) China pada tahun 2021, sebuah studi baru mengatakan.

Sebuah laporan oleh Pusat Keuangan dan Pengembangan Hijau Universitas Fudan (Cina).

Melaporkan bahwa Irak telah menerima sekitar 10,5 miliar dollar AS dalam pendanaan untuk proyek-proyek, termasuk pembangkit listrik tenaga minyak berat.

Baca Juga: Diam-diam Posisi Amerika di 'Negara Halaman Belakangnya' Ini Tergantikan oleh China, Terbukti Peran China Makin Dibutuhkan dalam Bidang Kehidupan Ini

Baca Juga: Bikin Satu Indonesia Ketakutan, Hanya Dalam 1 Hari Kasus Covid-19 Tembus 27.197, Peneliti China Bongkar Alasan Omicron Berkali-kali Lipat Lebih Menular, Ditularkan dari Hewan Ini

China menghabiskan total 59,5 miliar dollar AS untuk investasi dan kontrak terkait BRI di 144 negara pada tahun 2021, sedikit kurang dari 60,5 miliar dollar AS pada tahun 2020.

Secara spesifik, nilai kontrak BRI China pada tahun 2021 adalah 45,6 miliar dollar AS, naik dari 37 miliar dollar AS pada tahun sebelumnya.