Find Us On Social Media :

Foto 'Selfie' Heroik Pendaki Gunung Gasherbrum II saat Meregang Nyawa Ini Menyimpan Ironi

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 1 Mei 2018 | 20:30 WIB

Intisari-Online.com- Setelah selamat dari longsoran salju, pendaki dan fotografer Cory Richards menangkap momen tersebut.

Apa yang sebenarnya terjadi di balik foto monumental itu?

Cory Richards mengambil foto tersebut sekitar satu jam setelah ia berhasil keluar dari longsoran salju yang hampir membunuh dia dan kedua temannya ketika menuruni gunung tertinggi ke-13 di dunia.

Saat itu, tanggal 4 Februari 2011, mereka baru saja menyelesaikan pendakian musim dingin pertama Gasherbrum II, Pakistan.

Baca Juga: Pilot Indonesia Ternyata Lebih Jago Menerbangkan Jet Tempur Sukhoi Dibanding Pilot Rusia

Sejak saat itu, foto ini telah berada di sampul National Geographic, muncul di beberapa poster dan papan reklame, dan beredar di Internet.

Di satu sisi, hal itu telah menjadi “merek” tersendiri bagi Cory dan mengundang banyak tawaran pekerjaan yang menggiurkan kepadanya.

Namun selama bertahun-tahun, kisah yang digambarkan pada foto itu—tentang seorang pendaki gunung heroik yang baru saja “mencurangi” kematian—ternyata sangat mengganggunya selama ini.

“Saya selalu merasa sulit untuk berpikir bahwa mendaki adalah hal yang heroik, meskipun saya mengerti bagaimana beberapa orang mungkin melihatnya seperti itu.

Baca Juga: Pendapatannya 100 Kali Lipat Gaji Jokowi, Dari Sinilah Raffi Ahmad Mengumpulkan Pundi-pundi Uangnya

Berdiri di kaki puncak Himalaya, dan Anda memahami bahwa untuk mencapai puncak harus membutuhkan kekuatan, stamina, konsentrasi, dan keberanian yang luar biasa,” ucapnya.

Namun, bagi Cory, ia selalu berpikir bahwa tindakan kepahlawanan membutuhkan semacam tujuan yang lebih tinggi daripada hanya mempertaruhkan hidup untuk melihat apakah dirinya dapat mencapai puncak.

Menurutnya, tentu bahwa pendakian gunung dapat mendukung pengembangan ekonomi lokal di banyak tempat, termasuk Pakistan.