Find Us On Social Media :

Dibangun Oleh Pangeran dari Kerajaan Sriwijaya yang Jadi Buronan, Inilah Kerajaan Malaka, Kerajaan Kuat di Asia Tenggara yang Namanya Tak Kalah Tersohor dari Majapahit dan Sriwijaya

By Afif Khoirul M, Selasa, 1 Februari 2022 | 15:33 WIB

Ilustrasi kerajaan Malaka.

Intisari-online.com - Jika berbicara tentang kerajaan terkuat di Asia Tenggara di masa lalu, tentu nama Majapahit dan Sriwijaya ada di daftar teratas.

Namun, wilayah Asia Tenggara yang luas juga membuat bebrapa kerajaan muncul di kawasan lain.

Seperti kerajaan asal Malaysia ini, yang namanya tak kalah kondang dari Sriwijaya dan Majapahit.

Kerajaan tersebut, adalah Kerajaan Malaka yang bahkan Malaka menjadi kerajaan berikutnya yang mengambil alih komando dalam mengendalikan perdagangan di Kepulauan Melayu.

Didirikan oleh Parameswara, seorang pangeran dari Sriwijaya yang hancur, kerajaan ini memiliki pengaruh besar di Selat Malaka.

Saking terkenalnya nama Kesultanan yang pernah kuat ini diabadikan di salah satu selat tersibuk di planet ini.

Menjelang akhir abad ke-14, Malaka mulai meningkatkan pengaruhnya sebagai pusat perdagangan.

Kesultanan Malaka makmur sampai tahun 1511 sebagai mata rantai penting dalam perdagangan dunia.

Baca Juga: Menelusuri Jejak Kerajaan Aru, Berkali-kali Mengirim Misi ke China sejak Zaman Kubilai Khan hingga Berpindah-pindah Ibu Kota Lantaran Hal Ini

Baca Juga: Mengapa Kerajaaan Sriwijaya Disebut sebagai Kerajaan Maritim? Simak Penjelasan Berikut Ini

Dikatakan bahwa populasi pelabuhan Malaka sebelum jatuhnya Kesultanan mungkin sekitar 100.000, dan dengan demikian, sama besarnya dengan kota-kota Eropa lainnya pada waktu itu, seperti Napoli dan Paris.

Konon Parameswara adalah pangeran dari Kerajaan Sriwijaya yang menjadi buronan dan hingga akhirnya mendirikan sebuah kerajaan.