Find Us On Social Media :

Jadi Tentara di Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Ini Gaji Personel Militer AS Tiap Bulan, Jumlahnya Tak Main-main!

By Tatik Ariyani, Minggu, 16 Januari 2022 | 06:45 WIB

Ilustrasi - Tentara AS

Intisari-Online.com - Personel militer sangat penting bagi suatu negara, apalagi seperti Amerika Serikat (AS) yang kerap terlibat ketegangan dengan negara lain.

Dengan peran yang sangat penting tersebut, apalagi di negara yang memiliki angkatan bersenjata terkuat di dunia, tentu personel militer AS memiliki kesejahteraan yang relatif tinggi dibandingkan negara-negara lain.

Tingkat kesejahteraan tentara AS berlaku sama untuk semua matra antara lain Angkatan Laut (US Navy), Angkatan Darat (US Army), Angkatan Udara (USAF), Angkatan Antariksa (US Space Force), Penjaga Pantai (USCG), dan Marinir (US Marine).

Gaji tentara AS dihitung berdasarkan formula kombinasi antara pangkat dan masa pengabdian, mengutip ari laman resmi Military USA.gov.

Kepangkatan di AS sendiri terbagi menjadi 4 golongan, yakni golongan E atau Enlisted (Tamtama dan Bintara), W atau Warrant (Pembantu Perwira), O atau Officers (Perwira).

Gaji tentara AS terendah adalah adalah E-1 atau pangkat Privat (setara dengan Prajurit Dua (Prada) pada jenjang kepangkatan TNI di Indonesia).

Gaji per bulan yang diterima tentara AS dengan pangkat Private atau E-1 dengan masa kerja kurang dari empat bulan adalah sebesar 1.640 dollar AS (sekitar Rp23.475.800 dengan kurs Rp 14.300).

Gaji tersebut akan terus meningkat seiring dengan lamanya masa pengabdian.

Baca Juga: Pertemuan dengan Keluarganya Sampai Harus Dilakukan di Jakarta dengan Alasan Khusus, Inilah Charles Jenkins, Tentara AS yang Membelot ke Korea Utara Gara-gara Jadi Korban Propaganda

Baca Juga: 5 Pucuk Senjata Diamankan Ketika TNI Tangkap 2 Anggota KKB Papua, Salah Satunya M-16, Senjata yang Konon Dibuang Tentara AS di Perang Vietnam karena Hal Ini

Sementara untuk gaji tentara AS paling tinggi, tentunya dipegang oleh jenderal yang berada di jenjang karier teratas yakni berada di level Officers 10 (O-10), contohnya, gaji yang diterima seorang jenderal dengan pengabdian selama 40 tahun yakni sebesar 16.608 dollar AS (Rp237,73 juta). 

Berikut ini daftar gaji tentara AS berdasarkan pangkatnya dengan catatan masa kerja sama-sama kurang dari dua tahun: