Find Us On Social Media :

Keras Teriak-teriak Soal Nuklir Iran, Siapa Sangka Israel Sebenarnya Sudah Punya Program Nuklir Rahasia Sejak 1960, Foto Lawas Ini Jadi Buktinya

By May N, Kamis, 23 Desember 2021 | 19:24 WIB

Program nuklir rahasia Israel yang disembunyikan dari dunia, bahkan Amerika Serikat (AS) dan baru diketahui tahun 1960

Intisari - Online.com - Program nuklir Iran diprotes banyak negara, salah satunya adalah Amerika Serikat (AS) dan anteknya, Israel.

Namun siapa sangka Israel ternyata sudah punya program nuklir rahasia sejak 1960.

Pemerintah Amerika Serikat (AS) pertama kali mengenali program nuklir rahasia Israel di Dimona dari pejabat perusahaan AS yang berbicara kepada diplomat AS di Tel Aviv selama pertengahan musim panas 1960.

Hal ini menurut dokumen bocor yang kini dipublikasikan pertama kalinya oleh Arsip Keamanan Nasional, dan Pusat Studi Nonproliferasi untuk Institut Middlebury dari Studi Internasional Monterey.

Baca Juga: Padahal Kekurangan Anggaran Militer, Isreal Percaya Diri Koar-koar Bisa Berhasil Serang Program Nuklir Iran Besok Jika Diperlukan

Dokumen lain yang dipublikasikan hari ini merincikan penemuan proyek rahasia jika beberapa di pemerintah AS yakin dari awal program itu ditujukan untuk kemampuan senjata; AS berdebat atas kurangnya keterusterangan Israel; dan pemerintah AS berupaya menekan Israel menjawab pertanyaan kunci mengenai sifat proyek Dimona.

Penemuan ini terjadi pada masa presiden Dwight D. Eisenhower dan hampir ditutup, menyebabkan pengungkapan di Washington dengan menyuarakan kekhawatiran tentang stabilitas regional dan proliferasi nuklir.

Namun hal itu juga memproduksi gangguan karena pejabat Israel di semua tingkat berulang kali menyediakan jawaban kurang meyakinkan kepada pertanyaan-pertanyaan AS mengenai Dimona.

Inilah sebabnya pada September 1960, ketika pejabat kedutaan menanyai mengenai situs konstruksi baru ketika mereka menaiki helikopter di dekatnya, pejabat Israel yang gedit, Addy Cohen, memperbaiki ceritanya untuk membuat hal itu rahasia.

Baca Juga: Makin Pepet Ukraina, Rusia Malah Kirim Pesawat Pembom Nuklir ke Wilayah Eropa Ini, Tujuannya Bikin Seluruh Dunia Panik, Apa Masalahnya?