Find Us On Social Media :

Siapa Sangka Meski Murah dan Mudah Dibuat, Empat Senjata Ini Telah Mengubah ‘Permainan’ Perang Jadi Lebih Cerdik, Benarkah Berhasil Kalahkan Lawan?

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 18 Desember 2021 | 10:40 WIB

Busur panjang Inggris, senjata murah dan mudah dibuat yang digunakan dalam perang Agincourt, dan berhasil mengalahkan Prancis.

Intisari-Online.com – Tidak peduli seberapa mahirnya kekuatan militer secara taktis, namun jika lawan tiba-tiba muncul dengan senjata yang canggih atau mumpuni, maka lawan bisa dengan cepat menyamakan kedudukan.

Sebagian besar pertempuran kontemporer dilakukan dengan peralatan yang relatif sama, kedua belah pihak biasanya dalam perang menjadi putus asa.

Senjata menjadi faktor yang sangat penting dalam keberhasilan suatu kekuatan sebuah pasukan.

Berikut ini adalah beberapa senjata paling cerdik yang pernah dibuat, tetapi senjata ini murah dan mudah dibuat sambil menawarkan kemajuan ofensif dan defensif.

Baca Juga: Resmi Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO, Siapa Sangka Gamelan Pernah Menjadi 'Senjata Penembus Tembok Iman' Masyarakat Nusantara

1. Busur panjang Inggris

Inggris menciptakan busur besar pada Abad Pertengahan, membuat mereka memiliki senjata yang sangat mumpuni.

Seperti namanya, busur itu panjang, hampir dua meter, dan sangat kuat.

Pemanah Inggris menggunakan busur panjang melawan Prancis di Pertempuran Agincourt.

Baca Juga: Sadar Bisa Timbulkan Perang Hanya Karena Saling Mengungguli, AS Incar Kesepakatan Pengendalian Senjata dengan China, Bagaimana Tanggapan Xi Jinping?