Find Us On Social Media :

Covid-19 Varian Omicron Masuk Indonesia, Tak Disangka Vaksin Sejuta Umat yang Sudah Disuntikkan pada Banyak Orang di Indonesia Ternyata Bisa Ampuh Lawan Omicron, Tapi Ini Syaratnya

By Khaerunisa, Kamis, 16 Desember 2021 | 21:05 WIB

Ilustrasi vaksin Covid-19.

Intisari-Online.com - Covid-19 varian Omicron yang belakangan ini banyak dikhawatirkan dunia kini terdeteksi kasusnya di Indonesia.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual pada Kamis (16/12/2021), mengumumkan bahwa ditemukan satu kasus positif Covid-19 akibat penularan varian ini.

Kasus ini terdeteksi pada seorang petugas kebersihan yang bertugas di RS Wisma Atlet.

Budi menegaskan bahwa temuan ini merupakan kasus Covid-19 pertama di Indonesia yang disebabkan penularan varian Omicron.

Baca Juga: Varian Omicron Sudah Terdeteksi di Indonesia, Penelitian Sebut Varian Omicron Berkembang 70 Kali Lebih Cepat daripada Delta

"Ada tiga orang pekerja kebersihan di Wisma Atlet yang pada 8 Desember lalu dites dan hasilnya positif (Covid-19).

"Kemudian, pada 10 Desember dikirim ke Balitbangkes untuk dilakukan genome sequencing," ujarnya.

Budi mengungkapkan bahwa hasilnya keluar pada 15 Desember, dan menunjukkan bahwa dari tiga orang yang positif tersebut, satu orang dipastikan terdeteksi (terpapar) varian Omicron, sementara dua orang lainnya tidak.

Budi juga mengungkapkan, ketiga orang tersebut positif tanpa gejala. Ketiganya pun telah menjalani karantina di Wisma Atlet.