Find Us On Social Media :

Pantas Saja Suku Pedalaman yang Terisolasi Ini Punya Jantung Terbugar di Bumi dan Otak Paling Sehat, Ternyata Gaya Hidup Seperti Ini yang Jadi Rahasianya

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 11 Desember 2021 | 08:51 WIB

Suku Tsiname yang Terisolasi Ini Memiliki Otak dan Jantung Tersehat Di Bumi

Intisari-Online.com - Para ilmuwan terkejut menemukan bahwa orang-orang Tsimane di Bolivia lebih sehat daripada orang Barat dan masyarakat modern.

Rahasia kesehatan yang baik mungkin terletak jauh di dalam Amazon Bolivia.

Di sana, para peneliti menemukan bahwa orang-orang dari suku Tsimane memiliki jantung dan otak yang jauh lebih sehat.

Para ilmuwan sudah memiliki petunjuk bahwa Tsimane, suku berpenduduk sekitar 16.000 orang, memiliki kesehatan yang sangat baik.

Baca Juga: Berkuasa Dua Abad Lebih, Dipercaya yang Lahirkan Raja-raja Pajajaran, Sriwijaya, dan Majapahit, Inilah Kerajaan Salakanagara, Cikal-Bakal Suku Sunda

Sebuah studi tahun 2017 menunjukkan bahwa mereka memiliki jantung paling sehat di dunia.

Sekarang, sebuah studi tahun 2021 telah mengkonfirmasi bahwa Tsimane tidak hanya memiliki jantung yang lebih sehat – otak mereka juga lebih kuat.

Melansir All Tha'ts Interesting, Jumat (4/6/2021), studi tahun 2021 memeriksa 746 orang dewasa Tsimane antara usia 40 dan 94 tahun.

Orang-orang suku Tsimane - yang melakukan perjalanan selama dua hari penuh dari desa terpencil mereka ke Trinidad, Bolivia - menjalani CT scan sehingga para peneliti dapat melihat otak mereka.

Baca Juga: Diklaim Bakal Keluar dari Persembunyiannya Jika Disodori Pisang, Inilah Suku Oni, Manusia Kerdil dari Bone yang Hanya Bisa Ditemui Jika Kita Memiliki Ini