Find Us On Social Media :

Pernah Jadi Kerajaan Bawahan Majapahit, Bahkan Di Bawah Kekuasaan Kerajaan Bali, Kerajaan Blambangan di Jawa Timur Ini Jadi Incaran Kerajaan-kerajaan Islam di Jawa

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 10 Desember 2021 | 13:25 WIB

Pura Agung Blambangan.

Intisari-Online.com – Merupakan kerajaan bercorak Hindu di ujung paling timur Pulau Jawa, Kerajaan Blambangan terletak di Banyuwangi.

Kerajaan Blambangan diperkirakan telah ada pada akhir era Kerajaan Majapahit, yang berdiri hingga abad ke-18.

Kerajaan Blambangan menjadi kerajaan bawahan (vasal) Majapahit, tetapi juga pernah berada di bawah kekuasaan kerajaan di Bali, maka tak mengherankan kebudayaan di kerajaan ini mirip dengan kebudayaan Bali.

Merupakan vasal Majapahit, kerajaan Blambangan menjadi tempat pelarian bagi Bhre Wirabhumi yang tersingkir saat perebutan takhta Majapahit.

Baca Juga: Berdiri Sebelum Kerajaan Majapahit, Inilah Kerajaan Kanjuruhan, Kerajaan Kuno Pertama di Jawa Timur, yang Keamanan Negerinya Terjamin, Tidak Ada Peperangan, Namun Ditaklukkan Kerajaan Mataram Kuno

Bahkan, pada tahun 1478, keluarga Kertabhumi melarikan diri ke Blambangan, yang dipimpin oleh Lembu Miruda.

Blambangan berdiri sendiri sebagai satu-satunya kerajaan Hindu di Jawa, setelah runtuhnya Kerajaan Majapahit.

Dalam Babad Sembar, Lembu Miruda kemudian mendirikan pertapaan Watuputih di hutan Blambangan dan berdoa agar putranya menjadi raja di ujung timur Pulau Jawa.

Menjelang awal abad ke-16, doanya rupanya terkabul, cucu Lembu Miruda yang bernama Bima Koncar meneguhkan dirinya sebagai raja Blambangan.

Baca Juga: Pernah Mencapai Kejayaan Satukan Nusantara, Lantas Bagimana Nasib Daerah Taklukan Majapahit Usai Kerajaan Besar Ini Runtuh?