Find Us On Social Media :

Kini Tengah ‘Ngamuk’ Hingga Semburkan ‘Wedus Gembel’-nya, Puncak Gunung Semeru yang Dianggap Sebagai Tempat Bertapanya Para Dewa Ini, Pernah Didapati Titik Salju oleh Pendaki

By K. Tatik Wardayati, Senin, 6 Desember 2021 | 11:50 WIB

Pegunungan Semeru, legenda asal mula pulau Jawa dalam Kitab Tantu Pagelaran.

Intisari-Online.comGunung Semeru, yang terletak di Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu (4/12/2021), mengalami erupsi, yang menyebabkan hilangnya nyawa 13 penduduk dan puluhan warga luka-luka.

Tidak hanya itu, rumah warga yang berada di sekitar bahkan hewan ternak pun tertimbun abu vulkanik.

Pasca peristiwa erupsinya gunung Semeru, yang tidak hanya menyemburkan ‘wedus gembel’nya, menyebabkan 300 warga Dusun Curah Kobokan mengungsi di Balai Desaa Penanggal, Kecamatan Candipuro.

Kembali ke belakang sejenak, Gunung Semeru termasuk salah satu gunung tertinggi yang menjadi favorit para pendaki untuk melakukan pendakian.

Baca Juga: Dipercaya Sebagai ‘Paku Bumi’ Pulau Jawa Agar Tidak Terombang-ambing di Lautan Luas, Punya Makna Sakral bagi Umat Hindu, Inilah Fakta Gunung Semeru yang Termaktub dalam Kitab Peninggalan Majapahit

Sejumlah pendaki bahkan pernah mendapati salju di jalur pendakian menuju Puncak Gunung Semeru atau yang lebih dikenal dengan Puncak Mahameru, Jawa Timur.

Kejadian tersebut berlangsung pada tanggal 11 April 2018 sekitar pukul 05.30 WIB.

Di sejumlah titik, salju ditemukan di blok puncak bayangan, beberapa meter sebelum menggapai Puncak Mahameru dengan ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl).

Penampakan salju itu menyerupai jejak para pendaki, mengutip pemberitaan kompas.com (12/4/2018).

Baca Juga: Berbanding Terbalik dengan Erupsi Gunung Semeru yang Bikin Panik, Ilmuwan NASA Sebut Jika Gunung Api yang Satu Ini Meletus, Justru Kita Harus Bahagia, Kok Gitu?