Find Us On Social Media :

Tak Hanya Jadi Kerajaan Termashyur, Sriwijaya dan Palembang Juga Menjadi Pusat Penyebaran Agama Buddha Ketika Disebarkan dari India ke Asia Tenggara, Begini Sejarahnya

By May N, Rabu, 1 Desember 2021 | 19:52 WIB

Bukti kerajaan Sriwijaya pernah ada.

Intisari - Online.com - Kerajaan Sriwijaya pertama kali disebut di tulisan-tulisan peziarah Buddha China I-ching, yang mengunjungi Sriwijaya pada tahun 671 setelah perjalanan kurang dari 20 hari dari Canton.

Ia awalnya berada di tahap pertama di perjalanannya ke pusat perguruan besar dari Nalanda di timur laut India.

Penguasa dari Sriwijaya membantu I-ching dalam perjalanannya.

Survei arkeologi yang dilakukan sejak akhir abad ke-20 di barat kota Palembang telah membuktikan jika jumlah material sebanyak itu menjadi bukti jika Palembang adalah pusat Sriwijaya di abad ke-7 dan tiga abad berikutnya.

Baca Juga: Bukan Majapahit, Inilah Kerajaan Kuno di Indonesia yang Namanya Terbukti Sampai ke India, Bahkan Jejak Nyata Peninggalannya Sampai di Temukan di Negara Bollywood Itu

Sisa-sisa permukaan dari lebih dari ribuan pecahan keramik China, banyak yang didata dari abad ke-8 dan ke-19, telah ditemukan dari beberapa situs.

Pecahan dari abad ke-11 dan ke-14 ditemukan di tempat lain yang menunjukkan perubahan politik dan aktiivtas komersial di Palembang.

Sementara pecahan ditemukan di dekat Bukit Seguntang berasal dari semua abad-abad tersebut.

Sepotong peralatan rolet Romawi-India yang berasal dari abad awal-awal Masehi ditemukan di Palembang dekat sungai, dan barang yang sama telah ditemukan di Jawa, tepatnya di sekitar Jakarta.

Baca Juga: Kala Se-Asia Tenggara Tunduk di Bawah Sumatera, Ternyata Kerajaan Sriwijaya Pernah Memimpin Asia Tenggara, Sosok Orang Tingkok Ini Membeberkan Faktanya