Find Us On Social Media :

Konflik di Perbatasan Masih Membara, India Bikin Dunia Terkejut Mendadak Dukung China dalam Hal Ini, Sudah Berdamai?

By Tatik Ariyani, Rabu, 1 Desember 2021 | 15:32 WIB

Pertemuan virtual tiga negara Rusia-India-China

Intisari-Online.comChina dan India terlibat dalam konflik perbatasan berlarut-larut.

Ada laporan berita tentang PLA China membangun jalan raya dan jalan baru selain yang sudah ada dan mengerahkan resimen rudal dan roket di dekat Ladakh timur, titik nyala konflik perbatasan saat ini.

China juga telah mengirimkan peralatan tahan dingin kepada personelnya dengan pesawat angkut besar Y-20.

Terlepas dari pangkalan utama di Kashgar, Gar Gunsa, dan Hotan, infrastruktur militer China sedang ditingkatkan, menurut orang dalam.

Baca Juga: Bikin Panik Negara Tetangga Indonesia, Mendadak Kapal Perang China Masuk Wilayahnya Tanpa Diundang, 'Kedatangan China Mencerimkan Situasi Mengerikn di Indo-Pasifik'

Mereka memperluas jalan raya dan membangun landasan terbang baru.

Diyakini resimen rudal dan roket PLA telah dikerahkan dalam jumlah yang meningkat di wilayah Tibet, dan bunker yang disamarkan telah dibuat di sana. Pengawasan drone juga dilakukan.

Media pemerintah China menyatakan awal bulan ini bahwa PLA telah melakukan latihan tembak-menembak di sepanjang Line of Actual Control (LAC).

Di sisi lain, pihak India telah secara terbuka menyatakan keprihatinannya mengenai pembangunan dan perekrutan orang-orang Tibet di PLA.

Baca Juga: Tak Kapok Walau Citra Satelit Berulang Kali Memergokinya, Lagi-Lagi China Tertangkap Lakukan Aktivitas Mencurigakan Ini di Negara Lain, Kapal Selam Nuklir Miliknya Terungkap Sedang Menyelinap