Find Us On Social Media :

Ironi Timor Leste, Wilayahnya Kecil, Namun Ditunggangi Beberapa Negara dan Alami Kekerasan Bertubi-tubi, Ternyata Beginilah Cara Barat Memandang Wilayah Ini

By Khaerunisa, Selasa, 23 November 2021 | 14:35 WIB

Ribuan warga Kota Dili antre dalam pelaksanaan Referendum Timor Timur, 30 Agustus 1999.

Intisari-Online.com - Timor Leste merupakan sebuah negara di sebelah tenggara Indonesia, menempati setengah Pulau Timor sekaligus berbatasan darat dengan Indonesia.

Ini adalah salah satu negara terkecil di dunia, dengan luas hanya 15.007 kilometer persegi. Sebagai perbandingan, luas pulau Jawa saja 128.297 kilometer persegi.

Meski begitu, wilayah kecil ini pernah menjadi perebutan beberapa negara, juga mengalami krisis dan kekerasan yang bertubi-tubi.

Bangsa terakhir yang menduduki wilayah ini sebelum kemerdekaannya adalah Indonesia.

Baca Juga: Salah Satu Kekayaan Budaya Timor Leste, Inilah Kain Tais yang Masing-masing Warnanya Punya Makna Mendalam Bagi Bekas Wilayah Indonesia Ini, Merah untuk Pembebasan

Operasi Seroja yang dimulai pada 7 Desember 1975 kemudian berhasil menjadikan Timor Leste sebagai bagian wilayah Indonesia.

Timor Leste pun menjadi provinsi termuda Indonesia kala itu, hingga pada tahun 1999 digelar referendum yang memberikan kesempatan untuk Timor Leste menentukan nasibnya sendiri.

Referendum yang digelar pada 30 Agustus 1999 menunjukkan hasil bahwa rakyat Timor Leste menolak integrasi dengan Indonesia dan menginginkan kemerdekaan.

Jauh sebelum itu, Timor Leste telah mengalami pendudukan selama ratusan tahun oleh Bangsa Portugis, dan menjadi medan pertempuran Perang Dunia Kedua.