Find Us On Social Media :

Sejarah Bola Basket dan Peraturannya, Permainan Ini Menyebar Cepat Setelah 1892

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 20 November 2021 | 07:35 WIB

Sejarah Bola Basket

Intisari-Online.com - Tahukah Anda seperti apa sejarah bola basket?

Mengutip laman History, permainan bola basket ditemukan oleh James Naismith pada 1891.

James Naismith merupakan pria kelahiran Ontario, Kanada, yang menjadi mahasiswa pascasarjana dan instruktur pendidikan fisik di Springfield College, sebuah perguruan tinggi yang terletak di Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat.

Pada 21 Desember 1891, James Naismith menulis 13 peraturan asli olahraga bola basket sebagai bagian dari tugas kelas di sekolah pelatihan Young Men’s Christian Association (YMCA) di Springfield.

Baca Juga: Salah Satunya Jadi Pusat Agama Islam dan Tentang Kolonialisme Eropa, Inilah 8 Kerajaan Afrika Kuno yang Perkasa, Mulai dari Kekaisaran Mali Hingga Kerajaan Aksum

Pertandingan bola basket yang dilakukan oleh James Naismith dkk dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing tim berisikan sembilan pemain.

Mereka mencoba melemparkan bola ke dalam keranjang buah persik yang dipaku di ujung balkoni gedung olahraga.

Permainan yang diciptakan oleh James Naismith ini kemudian menyebar secara cepat setelah pertandingan pertama di depan publik dilakukan pada 1892.

Pada 1895, digelarlah pertandingan antar perguruan tinggi pertama yang mempertemukan Minnesota School of Agriculture dengan Hamline College.

Baca Juga: Miliki Jiwa Sosial yang Tinggi dan Tidak Semena-mena dengan Rakyatnya, Inilah Gambaran Kepahlawanan Raja Purnawarman dari Kerajaan Tertua di Indonesia, Cikal Bakal ‘Sunda’