Find Us On Social Media :

Berhasil Kalahkan Buaya yang Kemudian Jadi ‘Pengawal’ Perjalanan ke Demak, Inilah Jaka Tingkir, Murid Sunan Kalijaga, Pendiri Sekaligus Raja Terhebat Kerajaan Pajang

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 19 November 2021 | 12:10 WIB

(Ilustrasi) Jaka Tingkir dan Pasukan Buayanya

Intisari-Online.com – Pernah mengabdi pada Kerajaan Demak, inilah Jaka Tingkir, yang namanya bak legenda dalam kisah-kisah Wayang Orang.

Jaka Tingkir, atau orang Jawa menyebutnya sebagai Joko Tingkir, merupakan pendiri sekaligus raja pertama Kerajaan Pajang, yang memerintah tahun 1549-1582.

Jaka Tingkir memerintah dengan gelar Sultan Hadiwijaya, dia berhasil mengantarkan kerajaan Pajang menuju puncak kejayaannya.

Jaka Tingkir memiliki nama asli Mas Karébét, yang lahir pada tanggal 18 Jumadilakhir tahun Dal mangsa VIII, menjelang subuh.

Baca Juga: Darah Raja Majapahit Mengalir Deras di Dalam Tubuhnya, Mengapa Raden Patah Justru Mendirikan Kesultanan Islam Demak, Bukan Hindu-Buddha Seperti Leluhurnya?

Dia adalah cucu dari Andayaningrat, penguasa kerajaan kuno Boyolali.

Andayaningrat, yang memakai nama Jaka Sanagara atau Jaka Bodo, konon masih memiliki hubungan kekerabatan dengan keluarga raja Majapahit.

Jaka Tingkir ketika lahir dinamai ‘Mas Karébét’, karena ketika dilahirkan, ayahnya Ki Kebo Kenanga dari Pengging, Ki Ageng Pengging, sedang menggelar pertunjukan wayang beber, dengan dalang Ki Ageng Tingkir.

Suara wayang yang ‘kemerebet’ tertiup angin membuat bayi itu diberi nama ‘Mas Karébét’.

Baca Juga: Punya Janji Legendaris untuk Kembalikan Kejayaan Majapahit, Inilah Sabda Palon, Penasihat Brawijaya V yang Murka Usai Sang Raja Memeluk Islam, Benarkah Akan Segera Terwujud?