Penulis
Intisari-Online.com - Filipina pada Kamis (18/11/2021) menuduh kapal Penjaga Pantai China menembakkan meriam air ke kapal yang mengirimkan pasokan untuk personel militer Filipina di Laut China Selatan, dan memerintahkan Beijing untuk menyingkir.
Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin mengatakan, dia marah, mengecam, dan protes ke Beijing atas insiden itu, yang katanya terjadi pada Selasa (16/11/2021) ketika kapal-kapal Filipina melakukan perjalanan ke Second Thomas Shoal di Kepulauan Spratly yang diperebutkan. "Untungnya, tidak ada yang terluka; tetapi kapal kami harus membatalkan misi pasokan mereka," kata Locsin di Twitter.
Ia menggambarkan tindakan tiga kapal China memblokade dan menggunakan meriam air sebagai ilegal.
Tak hanya itu, sebelumnya pada 2018,sebuah laporan dari Pusat Studi Strategis dan Internasional mengungkap taktik 'licik' yang digunakan oleh China untuk melecehkan dan mengintimidasi negara-negara tetangganya.
Hal itu dilakukan untuk menghindari klaim mereka yang melanggar hukum atas pulau-pulau yang dimiliterisasi di Laut China Selatan.
Singkatnya, China telah mengubah penjaga pantai mereka menjadi semacam kekuatan paramiliter, yang terbesar dari jenisnya di dunia.
Dalam beberapa kasus, kapal Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN) hanya dicat putih dan digunakan kembali untuk “penegakan hukum” maritim.
Terkadang, senapan mesin kaliber .50 masih menggantung di sisi kapal yang pernah digunakan untuk perang dan sekarang digunakan untuk mengintimidasi negara tetangga.
Tetapi tidak seperti perselisihan militer, di mana kesepakatan yang disepakati secara internasional mengatur prosedur operasi standar, kapal penjaga pantai ini berada di zona abu-abu hukum yang telah dieksploitasi oleh China.
“Apa yang kita miliki adalah situasi di Asia Timur di mana China khususnya tidak menggunakan kapal angkatan laut untuk mengintimidasi, tidak menggunakan kekuatan (tradisional), tetapi mereka mengambil tindakan di bawah garis yang memicu segala jenis konfrontasi militer sekaligus mengintimidasi aktor lain,” Bonnie Glasser , pakar keamanan di Pasifik dari Pusat Studi Strategis dan Internasional, mengatakan kepada Business Insider waktu itu.
Glasser, yang mengepalai laporan tentang penjaga pantai China, mengumpulkan 45 insiden di Laut China Selatan dan menemukan keterlibatan penjaga pantai China dalam dua pertiga dari mereka.
Namun menurut Glasser, “apa yang telah kami kumpulkan hanyalah sebagian kecil dari jumlah insiden di Laut China Selatan,” di mana kapal-kapal besar China telah berulang kali menabrak, mengganggu, dan menggunakan meriam air pada kapal penangkap ikan dari Filipina, Vietnam, Indonesia, Malaysia, dan lain-lain.
“Dalam percakapan saya di Filipina – menabrak kapal lain oleh China dianggap sebagai bagian dari aturan keterlibatan mereka yang dapat diterima. Itulah yang mereka lakukan,” kata Glasser.
(*)