Find Us On Social Media :

Jadi Bukti Cakupan Wilayah Kerajaan Majapahit Hingga ke Kawasan Sumatra Utara, Inilah Kawasan Candi Peninggalan Majapahit Meski Tak Semegah Borobudur

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 17 November 2021 | 15:50 WIB

Candi Bahal I, kompleks candi Peninggalan Kerajaan Majapahit.

Intisari-Online.com – Anda pasti mengenal candi Borobudur yang terletak di Jawa Tengah sebagai kawasan candi megah dan terbesar, bahkan masuk ke dalam keajaiban dunia.

Candi Borobudur merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit yang digunakan sebagai tempat sembahyang umat Buddha.

Meski terasa agak aneh, namun  bangunan yang berbentuk candi di kawasan Sumatra Utara ini bisa jadi bukti cakupan wilayah Kerajaan Majapahit di Sumatra.

Namun, kawasan candi yang dikenal juga dengan biara itu menyimpan potensi wisata yang patut dimunculkan.

Baca Juga: Punya Peran Besar Dirikan Kerajaan, Sahabat Raden Wijaya Ini Termakan Hasutan Pejabat Licik yang Incar Jabatan Tinggi di Majapahit, Akhir Hidup Patih Nambi pun Mengenaskan

Kawasan Padanglawas berada di wilayah dataran rendah di kaki Pegunungan Bukit Barisan, yang membujur dari barat laut hingga tenggara.

Sang penulis, Dyah Hidayati, melukiskan matahari yang bersinar menghampari padang rumput nan luas dan gersang dengan semak belukar di sana-sini,  yang terasa membakar kulit.

Ketika itu udara kering dan berdebu.

Di tempat inilah berdiri candi-candi Padanglawas, yang berada tepat di belahan timur Kabupaten Tapanuli Selatan.

Baca Juga: Bukan Hanya Jadi Penguasa Nusantara di Darat, Majapahit Berjaya di Lautan Luas dengan Kapal Jung Java, hingga Bikin Bangsa Lain Segan