Find Us On Social Media :

Kucing Peliharaan Anda Mungkin Tahu di Mana Anda Berada Meski Mereka Tidak Melihat Anda, Ungkap Para Peneliti

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 17 November 2021 | 08:00 WIB

Musik yang sangai disukai kucing.

Intisari-Online.com – Penelitian baru menungkapkan bahwa kucing peliharaan menyimpan ‘peta mental’ dari lokasi pemiliknya, kemampuan yang sebelumnya tidak diketahui pada kucing.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa kucing Anda kemungkinan menggunakan suara untuk melacak di mana keberadaan Anda, meskipun Anda sendiri tidak terlihat.

Kucing domestik membuat ‘peta mental’ yang melacak di mana pemiliknya berada berdasarkan arah suara tertentu, kemampuan yang sebelumnya tidak diketahui pada kucing.

Demikian menurut penelitian baru yang diterbitkan di jurnal PLOS One.

Baca Juga: Berpangkat Kapten hingga Bak Selebritas Dunia, Inilah 7 Kucing Pelaut Paling Terkenal dalam Sejarah

Saho Takagi, sang penulis penelitian, seorang mahasiswa doktoral di Universitas Kyoto, mengatakan bahwa dia sudah lama tertarik pada pendengaran kucing dan kemampuan mereka untuk menggerakkan telinga mereka ke arah yang berbeda.

"Saya melihat seekor kucing dengan hanya satu telinganya dimiringkan ke belakang, mendengarkan suara di belakangnya, dan merasa bahwa kucing pasti memikirkan banyak hal dari suara itu," kata Takagi kepada CNN.

Tim peneliti melakukan serangkaian eksperimen untuk mengetahui apakah kucing secara aktif melacak pemiliknya menggunakan isyarat seperti suara.

Mereka merekam rekaman suara manusia yang memanggil nama kucing dari lokasi yang berbeda, dalam apa yang mereka sebut ‘skenario seperti teleportasi’.

Baca Juga: Jadi Favorit Firaun hingga Disebut Hewan dengan Status Dewa, Tak Disangka Ini Alasan Kucing Dipuja oleh Orang Mesir Kuno, Jasadnya Pun Ikut Diabadikan Ketika Mati